Wednesday, August 21, 2013

Mengenal Marching Band


Haloo . . . apa kabar semua ? gimana THR lebarannya ? udah habis kah ? Kalo udah habis jangan sungkan minta lagi ke orang tua masing-masing ya. Oia kalian pernah gak sih denger sekumpulan pemain musik yang disebut Drum Band atau Marching Band ? Menurut kalian mereka sama atau beda? Sekilas dan bagi orang awam keliatannya mereka sama ya. Hmmm padahal mereka beda loh.

Hal paling utama yang membedakan mereka adalah alatnya, terutama pada alat tiup. Kalo Drum Band biasanya menggunakan alat tiup non logam seperti pianika sedangkan Marching Band menggunakan alat tiup lengkap terbuat dari logam. Drum Band biasanya berkembang untuk kalangan para junior di Sekolah Dasar sedangkan Marching Band lebih untuk para senior di bidang ini biasanya mulai dari kalangan SMP. Nah sekarang udah tau kan bedanya? Jadi jangan sampe salah sebut lagi loh.

Hari ini gue mau menceritakan tentang sebuah kegiatan yang mungkin bisa di bilang unik, karna disini kita bisa belajar berorganisasi dan juga bermain musik. Nahloh, kedengerannya asik ya. Apa lagi untuk kalian yang suka dengan musik. Kegiatan itu adalah Marching Band (MB). Di kampus gue Universitas Udayana tersedia banyak UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) dan salah satunya adalah Marching Band. Gue sendiri terdaftar dalam anggota Marching Band Udayana tepatnya Brass Player angkatan ke 34 tahun 2011. Awalnya gue bukan ikutan UKM ini, tapi karna berbagai hal entah kenapa bisa tertarik dan tergabung bahkan pernah mengikuti kejuaraan nasional di Jakarta. Kebetulan gue juga suka banget sama yang namanya musik.

Bagi kalian yang gak punya pengalaman di MB pasti pernah donk penasaran tentang MB. Mulai dari apa aja nama alat musiknya, bagaimana sistem kegiatannya dll. Mungkin banyak yang gak tau kalo MB itu juga punya penampilan dinamis alias penampilan yang bergerak membuat formasi indah. Kebanyakan sih yang awam dengan MB taunya penampilan statis (diam ditempat) atau biasanya cuma tau penampilan parade (play pass).

Play Pass (biasanya di jalan raya)
Penampilan Statis (diam ditempat)


Display Indoor

Display Outdoor





Nah pertama kita kenalan dulu yuk sama divisi-divisi yang ada di MB.

Battery Percussion
Alat-alat disini adalah alat-alat yang lebih merujuk ke alat pukul dan pemain perkusi sebagai pemegang tempo dalam suatu penampilan.
Snare Drum
Cymbal



Bass Drum
Quint Tom












Pit Instrument
Instrument pit merupakan instrumen yang bervariatif dan unik, karena section ini mempunyai efek-efek suara dalam penampilan. Biasanya pada penampilan display indoor maupun outdoor, pit bermain secara statis (diam ditempat) dan tidak ikut berdisplay. Pit sendiri mempunyai beragam jenis alat seperti xylophone, marimba, vibraphone, gong cina, timpani, cymbal statis dll. Namun yang umum dan paling sering digunakan adalah marimba, vibraphone.

Vibraphone (lempengannya dari logam)
Marimba (lempengannya dari kayu)








Pit Instument

Brass Ensamble atau Hornline
Selanjutnya adalah alat musik utama yaitu alat tiup. Brass sendiri di bagi menjadi 2 bagian, yaitu High Brass adalah alat tiup yang memiliki nada tinggi/high seperti trumpet dan mellophone. Kemudian yang ke 2 adalah Low Brass, yaitu alat tiup yang memiliki nada rendah/low seperti Baritone, Euphonium, dan Tuba. Brass adalah sebuah bagian yang terpenting dalam Marching Band, Karena section inilah yang memegang kendali atau bisa disebut sebagai vocalis dan harmonisasi atau pemegang kendali alunan nada dan melodi.
Trumpet

Mellophone


Bariton

Euphonium
Tuba















Khusus untuk euphonium dan tuba seperti gambar diatas bermainnya dengan cara dipanggul dipundak  seperti ini :
Pemain Tuba
Colour Guard
Persis seperti namanya, Colour Guard (CG) fungsinya untuk menjaga dan memberikan warna dengan koreografi- koreografi keren dalam suatu penampilan MB. Beberapa equipment yang di gunakan :

Flag / Bendera
Rifle














Saber

Airblade

Dan masih banyak lagi equipment modifikasi dari equipment wajib diatas. Untuk flag bentuk, ukuran, dan warnanya beragam sesuai kebutuhan saat penampilan. Tongkat flagnya terbuat dari aluminium. Rifle dan airblade bahan utamanya biasanya terbuat dari kayu sedangkan saber terbuat dari baja (steel). Seperti sejarahnya, MB memang bermula dari angkatan bersenjata. Jadi jangan heran kalo equipment CG berbentuk senapan dan pedang hehe. CG juga gak melulu harus cewek, banyak juga cowok yang jadi CG dan menjadi CG ini gak mudah loh.


Seperti yang gue bilang di awal, dalam MB sendiri sebenernya kita gak cuma bermain musik tapi juga berorganisasi. Karna dalam MB ada banyak kepanitiaan dan agenda tahunan yang harus dilalui. Selain itu di MB ada struktur kepengurusannya juga loh. Hal yang paling utama dirasakan dalam MB adalah rasa kekeluargaan yang sangat erat. Apalagi saat-saat latihan, rasa capek kadang gak terasa karna kebersamaan untuk menampilkan pertunjukan yang terbaik.

Dalam waktu dekat ini MBUdayana akan mengikuti kejuaraan Internasional display outdoor yaitu TIMBC (Thailand International Marching Band Competition). Tapi sayangnya gue gak bisa ikut bermain dalam penampilan ini. Iya, akhir-akhir ini gue memutuskan untuk tidak terlalu aktif lagi di dunia MB karna kesibukan kuliah dan pekerjaan. Semoga temen-temen bisa membawa team menjadi yang terbaik dikancah internasional. Aamiin

Penasaran bagaimana penampilan dinamis dengan display (formasi) indoor ?
Cek video Marching Band Udayana dalam GPMB (Grand Prix Marching Band) th 2011 di Jakarta dengan tema REINKARNASI

FYI kita juara 3 loh :D
Siap-siap terpukau daaaaan cekidottt ~

*kalo mau langsung lihat penampilannya skip sampai ke menit 02:20, karna diawal hanya pemanasan*



Hmmmm gimana ? ...
Udah pernah atau belom liat yang membentuk formasi-formasi seperti diatas?
Sebagian besar gue yakin pasti baru pertama kali liat dan pasti bilang WOW :))
Masih belum puas? Pingin lagi ? …. Tenang kawan.

Nih ada salah satu lagi penampilan gue dan team dalam LANGGAM INDONESIA ke 25 th 2012 dengan tema NIDJI (membawakan lagu-lagu Nidji).
Cekibrooo ke TKP >>  http://www.youtube.com/watch?v=v2gU44HoY1I

Atau mau nonton yang ini favoritttt gue banget, MB BCK Duri Riau GPMB 2011 dengan tema HARRY POTTER (mereka yang juara 1). 
Cekibro ke TKP >> http://www.youtube.com/watch?v=pk_L1hgk92s

Nah itu dia sedikit pengenalan tentang Marching Band. Jadi kalo kalian lagi nonton MB gak asing lagi deh sama alat-alat dan fungsinya. Mungkin dari kalian juga ada yang pernah ikut MB ? Yuk bisa ceritain pengalaman kalian di commentbox. ! ^^

37 comments:

  1. baru tau gue bang kalo drum band sama merching band itu beda. secara nama ajah sebenernya udah beda sih.
    jadi tau gue *mangut-mangut*

    tromet sama mellophone gue sering liat, dipake sama souljah haha yang musiknya reggae itu loh..

    keren bang video-nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya namanya aja udah beda :p
      Tp banyak orang yang ngira mereka sama
      Wah itu siapa pik gue gak tau :)))

      Delete
    2. cari ajah di google bang SOULJAH ,asiklagunya :D

      Delete
  2. gue pernah denger majored atau mayored atau gimana tulisannya entahlah. Dia yang bawa tongkat diputer2 trus di lempar. Itu trmasuk MB colour guard juga ges?

    Dulu gue ikutan komunitas mirip2 gini. Musik plus atraksi tp cenderung ke alat pukul. Perkusi gitu. bXd namanya mungkin lo tau hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dia biasa dipake cuma pada saat playpass aja
      Kalo penampilan yg lain gak pake Mayoret :D
      Dan yg jadi Mayoret biasanya pemain brass bukan CG :D

      dikita ada juga yg main perkusi aja
      Misalnya percussion contest jadi yg main cuma anak2 perkusi aja bisa pake display juga.
      Tergantung lombanya apa atau permintaan yg punya acara XD

      Delete
  3. kalo dipikir" ternyata alat yg dipake buat MB itu lumayan berat" yaa bobotnya.. terompetnya ajaa guede banget, gak kebayang gimana rasanya niup terompet yg segede ituuu -,-

    oiyaa btw, kalo latian MB tu butuh berapa lama bang??

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha kalo yg trumpet itu paling kecil diantara yg lain
      gak terlalu berat tapi kalo kelamaan pegel juga
      paling berat itu tuba

      tergantung penampilannya
      kalo untuk yg kejakarta itu berbulan2
      kebetulan waktu gue latihannya cm 3bulan
      tp yg senior2 sebelumnya udah latihan duluan

      kalo untuk penampilan undangan acara hotel, acara ultah kota dll latihannya mgkn seminggu cukup

      Delete
  4. tiap 17an ditempatku pasti nampilin drum band dari salahsatu SMK. lumayanlah penampilannya. trus waktu wisuda kakakku di AKMIL, disitulah aku pertama kali liat marching band. dan aku berhasil dibuat terpukau. sampe skg masih merinding kalo ngeplay videonya :')

    keren kampusnya ada UKM MB. di kampusku mah nggak ada u,u. emang kalo ada mau gabung sriii? ahahaha plaakkk

    yah gabisa liat videonya bang. modemku lalooood -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha gue aja kadang masih suka merinding sm video penampilan sendiri
      haha iya gpp, udah di baca aja udah seneng ^^

      Delete
  5. owh jadi dulu lo ikutan kek gini ya Ges, wah keren sehrusnya diterusin biar bisa ambil bagian juga. gue mah nggak bakalan bisa ikut. *terus??

    apal bener gitu tapi ya, kerenlah..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya sih maunya gt
      tapi tuntutan semester udah semakin gede :))
      thanks udah baca ^^

      Delete
  6. baru tahu juga kalau marching band seperti itu waaahhh kereenn euyy,,, lebih keren tuh daripada drum band, kalau drum band sih udah pernah liat langsung tapi kalau marching band hmm,,, pengen liaat juga tapi argghhh itu videonya gak bisa terbuka .. laloooddd jaringann

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe kalo penasaran bisa diliat aja videonya
      mgkn lain kali bs diliat

      Delete
  7. aku lumayan banyak tau tentang MB. tapi jadi sedih kalo inget MB. dulu ini eskul impian aku di sekolah. tapi nggak kesampean, ajdi cuma bisa ikut2an nganterin temen latihan di lapangan. jadi penonton setia.

    WAh.. duri yg juara 1? waahh... aku pernah nonton mereka live dulu.. tapi mungkin orangnya udah ganti2 ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh kak risah tau jg tentang MB :3
      haha jd penonton juga asik kok :p
      main dimana tuh kak?
      iya duri emang kuerens

      Delete
  8. Entah kenapa baca posting ini jadi ingat film si doel adegan atun kecepit di alat tiup yang entaha apa namanya, hahaha

    ReplyDelete
  9. di kota gua masih jarang ada gituan , jarang liat hehehe

    kalo belajar mainin trompet gitu paling cepet berapa bulan sih bang?, pengen bisa mainin trumpet, kayak sujiwo tedjo ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung orangnya sih sebenernya
      kalo sering latihan juga bakal cepet bisa
      kalo tiap hari latihan mgkn sebulan udah bisa ketemu nadanya

      Delete
  10. seru banget ya marching band dulu wkt sd pernah liat dan pernah ada dan gabung dengan kk kk smp dan sma..:D
    tp sekarang udah jarang liat pawai2 nya..paling ada klo di pertandingan2 olahraga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru banget :)
      iya biasanya sering diundang2 diacara kaya begitu

      Delete
  11. Gue pernah ikut MB waktu SD doang, soalnya pas SMP, SMA mahal brooh. Dan di kota kecil gue juga cuma digunain paling2 3x dlm setaun, hehe... ngirit dikit lahh. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hah mahal? .__. disana emang bayar ?
      hoooo kalo disini selalu ada penampilan2

      Delete
  12. ooo jadi beda ya,, hhmm beneran keren daah,,, bisa jadi best player pula, cetar, sayang banget gue gak pernah ikutan beginian, dikampus gue pun gak ada kayaknya, hhmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. hohoo gak pernah ikutan semoga minimal pernah nonton :D
      asik deh kalo nonton u,u

      Delete
  13. wiiiih, aku beneran baru tau bedanya kedua itu. eh iya. penampilannya yang di youtube emang keren banget hehehe

    ReplyDelete
  14. disekolah baru ane .. marching bandnya lagi di tingkat provinsi nih.. doain ya smeoga lolos :D jadi ke nasional

    ReplyDelete
  15. Baru tau loh kalo DB sama MB ga sama. Dulu di kampus juga ada UKM marching band & orchestra. Tapi peminatnya dikit banget.

    Ternyata Oges pemain brass toh, aku pernah belajar niup terompet sama saxophone. Mampus susah banget bunyiin nya.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha terompet emang susah mas elang, soalnya lubang untuk niupnya sempit :))

      Delete
  16. Wah ternyata elo anak marching band ges... Harusnya sebelum jadi enggak aktif2 banget, cobain dulu jadi mayoret... Melenggak-lenggok bawa tongkat, pasti unyu~

    Gak ada alat musik rebana ya disini? Kayaknya keren deh kalo ditambahin sama rebana.. Gawl gilak.

    Btw, kalo gue sering terpesona sama penampilan2 marching band yang dibawain para tentara, ada atraksinya soalnya, gue sering liat..
    Takjub!

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha jangan2 lo hasrat terpendam jadi majoret -_-

      ini colour guardnya juga pake atraksi kok ~
      gak kalah keren

      Delete
  17. Lengkap banget postingnya. Sayang kuota nggak bisa buat nonton videonya, ges. Hiks T,T

    Saya dulu di quint tom, tapi akhirnya nyerah. berat uey bawanya. Pindah ke bendera aja pas SMP. Udah itu lebih milih Saka Bhayangkara dan Pramuka^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAKKKK
      kalin pernah jadi anak quint tom :D
      aku pingin juga quint tom dulu kak T_T

      iya gpp kak, lain kali bisa mampir lagi ;p

      Delete
  18. di sekolah gue nih juga ada bang.. tapi gak tau itu marching atau drum band.. keliatanya sih marching. tap banyak yang bilang drum band sih..

    di sekolah gue juga itu Drum/marching bandnya udah terkenal loh.. ntah tanggal berapa itu mau ikut festival drum International di jember.. mewakili Indonesia loh...!!

    ReplyDelete
  19. Mb ini latihan fisiknya berat ya? gue pernah liat di ekskul sekolah gue dulu.. kalau fisik gak kuat-kuat banget mending jangan dulu deh.

    tapi beneran kemari banget gue nonton entah darimana Mbnya dia outdoor gitu. yang bawa bass drum mainnya sambil digigit gitu sambil diputer2 seperti trio macan... keren! ngilu juga. :))

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...