Tuesday, October 8, 2013

Asyiknya Berbagi Solusi Bareng Forum ICITY


Dalam kehidupan sehari-hari pastinya kita pernah membutuhkan solusi. Sebuah solusi terkadang tidak maksimal ketika kita berusaha untuk menemukannya seorang diri. Tentunya semakin banyak info atau saran yang kita dapatkan, maka akan semakin banyak pula pilihan solusi untuk mengetahui dan menghadapi sebuah permasalahan sekaligus menambah pemahaman mengenai sebuah informasi. Maka dari itu kita membutuhkan peran orang lain dalam membahas sebuah topik yang mungkin berguna bagi diri kita ataupun komunitas yang kita miliki.

Namun, terkadang akses bisa menjadi penghalang utama seseorang untuk berdiskusi membahas sebuah topik tertentu dengan orang lain bahkan orang yang belum pernah kita kenal sebelumnya. Solusi bisa muncul dari pihak manapun, karena dunia ini begitu luas dan tak semua orang mempunyai pemikiran dan pengalaman yang sama. Di jaman serba teknologi seperti ini tak cukup dengan adanya social media atau search engine saja untuk mencari solusi. Disinilah peran sebuah forum online sangat dibutuhkan. Karena dengan adanya forum, seseorang akan lebih leluasa dalam mendapatkan sebuah solusi terutama dengan sistem diskusi. Bandingkan dengan social media yang lebih dominan digunakan hanya untuk tempat berceloteh ria, dan respon yang kita dapatkan juga tidak menjamin. Sedangkan search engine hanya bersifat pasif, karena kita hanya bisa membaca informasi tanpa kita bisa bertanya dan mendapatkan feedback yang akurat. Perlu membuka tab browser baru dan melakukan searching ulang untuk sebuah pertanyaan baru. Bahkan terkadang hasil pencariannya tidak sesuai dengan apa yang kita maksud. It takes too much time, isn’t it? :)


Dari kasus diatas memang sangat terlihat bahwa setiap orang sangat membutuhkan akses yang menjamin dan memudahkan berbagi solusi dengan siapapun. Apalagi sesuatu yang berhubungan dengan gadget canggih dan mode telekomunikasi seperti sekarang ini, tentu kita bakal mendapatkan banyak sekali masalah. Mulai dari sinyal, perangkat dalam smartphone itu sendiri, dan tentunya layanan operator. Dengan begitu banyaknya pengguna yang ada, pelayanan operator dan keluhan pelanggan tak semua bisa diselesaikan melalui call center. Menyadari betapa pentingnya akses bagi para pelanggan untuk bisa saling berkomunikasi, maka dari itu Indosat berkomitmen meluncurkan sebuah forum berbasis crowdsolution pertama di Indonesia bernama Forum ICITY (dulu Forum Ngobrol Bareng) yang saat ini sudah berumur satu tahun. Forum ICITY adalah Online Support Community yang menjadi sarana berkomunikasi antar pelanggan Indosat dalam berbagi pengalaman. Bukan hanya seputar produk dan layanan Indosat saja, tetapi juga informasi mengenai gadget terkini, events Indosat Community, teknologi internet, berbagi opini, tips, trik dan solusi lain pastinya. Sehingga pelanggan juga bisa berperan aktif mengenai perkembangan teknologi dan informasi layanan Indosat. Forum ini juga merupakan pelopor online forum, khusus pengguna Telco di Indonesia. Di dalam Forum ICITY memiliki empat kategori utama diantaranya : 1. Bank Solusi, Blog & Panduan; 2. Gadgets; 3. Indosat Services; dan 4. Komunitas. Dengan aktivitas yang ditawarkan seperti ; Tanya Komunitas, Cari Solusi, Info Gadget, Info Indosat dan Dukungan Komunitas. Sangat lengkap sesuai dengan fungsi masing-masing kategori.

Dalam kategori ini terdapat fitur unggulan yaitu Bank Solusi Komunitas sebagai pusat bantuan komunitas terkait gadget, penggunaan layanan Indosat dan aktivitas komunitas yang memudahkan kita untuk mengaksesnya kapanpun dan dimanapun. Dilengkapi dengan panduan berdiskusi para member di Forum dalam kebebasan beropini.

Kategori yang lebih spesifik dalam memberikan review, tips dan trik para pengguna smartphone.

Semua obrolan terkait layanan Indosat bisa kita cari disini.

Selain pelanggan Indosat, dalam Forum ICITY juga terdapat berbagai Komunitas Indosat  yang bersedia untuk berbagi pengalamannya sebagai Solusi Komunitas.


Bagaimana obrolan dengan berbagai topik bisa ada disini? Tentunya itu semua bisa terangkum karena adanya sebuah kebiasaan yang membudaya. Ya, di Forum ICITY kita akan menemukan apa yang dimaksud dengan budaya berbagi solusi. Forum berbasis solusi ini sangat mengedepankan informasi bersama. Dalam arti budaya berbagi solusi dari pengalaman masing-masing anggota sudah menjadi kebiasaan di dalam Forum ICITY. Sehingga sudah banyak sekali thread (obrolan) yang ada di Forum ICITY. Nah, maka dari itu sebelum membuat thread baru ada baiknya kita memanfaatkan mesin pencari terlebih dahulu, untuk mencari tau apakah topik obrolan yang akan kita buat sudah ada sebelumnya. . Banyak hal yang menunjukkan budaya berbagi solusi di Forum ini. Contohnya :

  1. Jika ada anggota lain yang menanyakan sesuatu baik itu tentang layanan Indosat ataupun masalah gadget dan teknologi maka kita atau anggota lain bisa memberikan kontribusi dengan cara "menawarkan solusi". Berbekal pengalaman dan pengetahuan yang kita miliki kita bisa membantu anggota bersangkutan untuk memecahkan masalahnya.
  2. Kita sebagai anggota juga diperbolehkan untuk "berbagi tips, trik atau tutorial menarik" dan jangan lupa juga ikut berdiskusi untuk saling melengkapi informasi yang ada. Jadi kita sama-sama belajar antar anggota di Forum. Tidak hanya ketika kita membutuhkan solusi saja, tapi kita dapat memperoleh informasi terupdate lainnya dari tips dan komentar-komentar user lainnya disetiap postingan tertentu dan mendapatkan berbagai informasi hanya dalam satu forum saja. Coba bayangkan, berapa info yang sudah kita dapatkan dengan sistem forum seperti ini ? :) 
    Semua topik baik itu tips, trik ataupun petanyaan dari member akan selalu terupdate di kategori Recent Topics.
  3. Kemudian di Forum ICITY juga menyediakan fiturTerima sebagai solusi
    Fitur ini dihadirkan sebagai hasil akhir dari sebuah topik yang dipilih berdasarkan respon terbaik dan dirasa paling membantu memecahkan masalah si thread starter. Fitur tersebut akan menjadi referensi member lain ketika memiliki masalah yang sama. Fitur ini hanya akan terlihat oleh thread starter. Budaya sangat membantu bukan? dan tentunya belum pernah di terapkan di Forum Online lainnya.
  4. Setelah thread starter menemukan dan menentukan pemecahan dari masalahnya dengan mengklik Terima Sebagai Solusi, maka semua topik yang sudah terpecahkan masalahnya akan dirangkum menjadi satu kategori yaitu"New Solution". Untuk memudahkan para member mengetahui dan sekedar membaca solusi-solusi terupdate.
  5. Jika kita mengklik salah satu topik yang sudah terpecahkan masalahnya di New Solution, maka pada bagian akhir topik terdapat fitur "Solved! Go to Solution"
    Jika fitur tersebut diklik akan langsung diarahkan ke halaman komentar yang dianggap menjadi solusi paling baik bagi si pembuat topik.
  6. Selain Terima Sebagai Solusi dalam setiap obrolan juga dilengkapi dengan tanda asyik (like) atau dalam Forum biasa dikenal dengan istilah "kudos".
    Fungsinya untuk memberi nilai atau kualitas pada thread (obrolan). Thread dengan jumlah kudo tertinggi dan paling banyak direspon dan diakses akan masuk dalam daftar Obrolan Terhangat bahkan berkesempatan masuk dalam daftar Obrolan Pilihan.
Pastinya budaya tersebut dilakukan tidak sembarangan agar informasi dan solusi yang Out Of Topic tidak menjadi spam. Semua panduan diterapkan untuk kemudahan mendapatkan solusi terbaik di Forum ICITYTentunya akan sangat menghemat waktu sebagai sarana solusi cepat. Dengan adanya Solusi Komunitas, budaya berbagi solusi yang diterapkan dapat mengangkat kerbersamaan dari Komunitas Indosat untuk Komunitas Indosat. Setiap pengguna pastinya akan membawa atau menyampaikan solusi berdasarkan pengalaman terbaiknya dan bermanfaat antar pelanggan terutama dalam menggunakan Indosat Services ataupun informasi seputar teknologi secara umum. Meskipun dalam forum terlihat begitu serius dengan bahasan berbagai topik, namun obrolan ringan serta candaan juga tidak luput dalam setiap topiknya. Selayaknya social media ataupun forum lainnya. Meski begitu obrolan ringan tetap pada aturan yang disepakati. Aktifitas asyik di Forum ICITY semakin menarik dengan adanya ranks and rewarding system serta online badges untuk member yang aktif memberikan kontribusi.

Fenomena internet forum tidak bisa dipungkiri keberadaannya sebagai satu pandangan baru untuk masyarakat berinteraksi. Mengingat kini ditunjang dengan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat canggih. Maraknya penggunaan forum dewasa ini memberikan banyak sekali kebebasan dalam menyampaikan dan memberikan informasiDengan mengusung karakteristik budaya berbagi solusi seperti ini akan berdampak positif bagi masyarakat luas terutama pelanggan Indosat. Kemudahan layanan yang diberikan oleh Indosat dalam Forum ICITY telah membuktikan bahwa forum ini sukses menjadi alternatif solusi yang efektif dalam menyelesaikan masalah layanan yang dihadapi pelanggan atau hanya sekedar berbagi solusi dan informasi. Tentunya sesuatu yang bernama "budaya" akan lebih baik jika dilakukan bersama-sama dan Forum ICITY dengan semua sistem yang diterapkan, telah berhasil membuktikan dengan menjadi satu-satunya Forum yang mewakili Indonesia di ajang Forrester Groundswell Award 2013. Ajang tersebut adalah ajang penghargaan Internasional bertemakan "social digital industry".




Bagaimana ? Sudah terbayang kan asyiknya berbagi solusi bareng Forum ICITY ?
Ayo ikut berkontribusi untuk terus mengembangkan budaya berbagi solusi di Forum ICITY.
Ini dia persembahan video sederhana dari Saya untuk Forum ICITY :)




Artikel ini diikutsertakan dalam Blog Competition yang diadakan oleh INDOSAT.

UPDATE
HASIL LOMBA : Alhamdulillah dapet juara 1 O:))  >> PENGUMUMAN

121 comments:

  1. Oh gitu :o
    Aku sering denger sih tentang forum ICITY..
    Tapi baru sekarang bener2 ngerti tentang forumnya setelah baca postingan ini..
    Hehehe..

    Ternyata gampang ya cara joinnya..
    Aku mau nyoba join di ICITY deh :D
    #eaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah infonya tersalurkan. #tsaah
      ayo join bareng akuh :3

      Delete
    2. aku diajak join nggak, nih, bangges :D

      Delete
  2. wah sayangnya aku nggak pakai indosat --"\

    ReplyDelete
  3. wow keren yah indosat
    nanti deh mau coba daftar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. woyadonk keren :3
      yang nulis ini juga keren kok u,u *eaaa
      ayo daftar sekarang jangan nanti- nanti XD

      Delete
  4. pernah denger sih sebelumnya
    lebih mudah nyari info ya
    pelanggannya diajak untuk saling membantu
    cerdas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jadi pelanggan bisa ngumpul bareng di 1 tempat meskipun berbeda daerah :3

      Delete
  5. Hello, after reading this remarkable post i am also glad to share my
    know-how here with colleagues.

    my page ... Glasgow Smile Clinic

    ReplyDelete
  6. wih keren, waktunya mencoba hal yang baruu :D

    ReplyDelete
  7. wah... boleh tuh join di ICITY, sepertinya seru :)
    mudah dan cepat direspon juga.
    oke siiippp..
    tambah wawasan nih, bisa jadi referensi buat kita2 untuk gabung ke forum bermutu gini..
    good luck deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak meii kan alternatif solusi cepat :D
      ayo ikutan join kak u,u

      Delete
    2. dijadwalin dulu akh :)
      suka sama forum gini

      Delete
  8. Info yang bermanfaat mas bocah..
    Ilustrasi yang sangat mudah di cerna dan mudah di mengerti.
    Thx infonya mas bocah..
    Ke tekape dulu, sapa tau ketemu jodoh di forum. aihihihihi..
    Good luck..

    ReplyDelete
  9. baru kali ini gue dengar forum ini.. kalo biasanya cuma indosat komunitas sekolah dan yang lain.. beneran...!

    tapi kalo dipikir-pikir bisa dicoba nih forum..

    ReplyDelete
  10. wahh baru tau ada forum kayak gini dari indosat :D
    bagus nih utk dicoba. thx infonya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah untung aku kasih tau kan ~
      jadi gak kudet lagi u,u)v

      Delete
  11. oohhhh ini kek gituyah forum ICITY itu. pernah dengar. tapi masih agak asing. :|
    keren yaaah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha coba join deh nanti pasti gak asing lagi :D

      Delete
    2. iyaaah.. udah kek pepatah tak kenal maka tak sayang. ICITY juga gitu... #halah :))))

      Delete
  12. baru denger ada forum kece ICITY , tidak ada salahnya untuk mencoba huehehe :D

    ReplyDelete
  13. pasti menang ges!!! gue yakin banget... tulisannya asik, santai tapi nge-review secara lengkap ..
    udah gitu elo bonusin video, keliatan niatnya ..

    gue tadinya mau ikutan langsung minder ngeliat tulisan elo ini.
    pokoknya kalo menang elo harus traktir, berbagi itu indah ... itung2 syukuran..
    hahay

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak terharu baca yang ini =_=
      aamiin'in deh AAMIIN .__.

      Delete
    2. jadi bang edot nyerah gitu aja? ah kamu bang. ayo dong ikutan jugak kaya bang oges^^

      Delete
  14. waaah, pas banget nih aku juga pengguna INDOSAT dari sejak aku SMP sekarang sampe udah kerja ginii..keren ya Indosat..jadi makin tau tentang forum ICITY..
    uhuy banget nih lengkaaap beut gitu Ges, pasti menang lah Ges, dulu kan lo ngereview apaan yak tu sampai masuk majalah apa gitu yak itu yaaak...@.@
    jangan lupa traktir2 loh Ges, traktir liburan gratis ke BALI 3 hari 3 malam misalnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya indosat sekarang udah melejit (?) :D
      sama donk aku juga dr SMP ^^
      AAMIIN makasi doanya :D

      haha itumah malak bukan traktir -_-

      Delete
  15. bagus nie bang nambah wawasan dan pengetahuan gue,, tentng indosat,,,
    tpi gue ga pke indosat bang,,,

    lengkap bner bang tulisn loe kek dari sabang smpe merauke dech,,,
    di tambah bnus video animasi lagi tambh keren bang,,,Loe bkin sendiri ya bang videonya ??

    semoga menang ya bang,,,
    amin.............

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya buat sendiri, amatiran XD
      aamiin yaaa :D makasi

      Delete
  16. Baru tahu ada forum seperti itu di IM3.. kayaknya keren tuh forum ICITY kita bisa saling berbagi solusi.. sayang udah gak pake IM3 lagi sekarang..

    sukses yah bangges buat lombacanya. Baca artikle ini sy jadi dapet informasi baru:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iyak keren beud :D

      aamiin yah zhie, makasi :D

      Delete
  17. Wah... Boleh nih.. Baru tau bgt ada forum ini.. Aku juga pake indosat... Infonya lengkap bgt :)

    ReplyDelete
  18. Baru tau tentang forum ini. Duuh kudet banget yah--'
    Obrolannya jadi semacem kaskus bukan sih? Atau gimana?
    Boleh di coba nih. Menarik banget.

    Nice info bangges. Telimikici :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah aul kemana aja =___=
      mirip :D
      ayo dicoba coba :3
      matama aul u,u

      Delete
  19. aku pake Indosat, mantap lah kalo gitu. boleh lah kapan2 kepoin. Sapa tau dapet jodoh #eh

    ReplyDelete
  20. Yup..

    Rame ya komen disini..
    Keren banget Kangbro.. Titip link juga ya http://jejaknusantara.blogspot.com

    ReplyDelete
  21. Thanks share infonya. Meski beberapa minggu belakangan ini agak kecewa dengan provider ini karena sering gagal SMS tapi pulsa tetap terpotong. *curhat ^^

    Semoga ke depannya mereka bisa melayani dengan solusi terbaik, bukan hanya sekedar kata 'waiting list' saja tanpa adanya solusi seperti forum ICITY

    Ilmunya manfaat untuk umat. :)

    ReplyDelete
  22. aku pake indosat, tapi malah baru tau kalo ada forum ICITY ini...
    kapan-kapan boleh dicoba deh..kalo pas ngerasa-butuh..hahaha
    btw ini buat lomba2 gitu ya... moga menang... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha nah bermanfaat kan infonya :D
      nanti mampir aja kalo ada keluhan atau butuh info tentang layanan indosat :D

      aamiin, makasi doanya ^^/

      Delete
  23. Aku baru tau tentang forum ini..
    Kudet -_-

    Betewe videonya keren kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi sekarang udah gak kudet kan :3
      jalan yang gelap sudah ku terangi. #tsaah

      aaaaakkkk makasi B)

      Delete
  24. kalo ada key word kaya gitu biasanya buat lomba, bener nggak bang??? hayoo ngaku.. :D
    gue sih nggak kaget kalo tulisan lo enak di baca bang, semoga lo menang yah :D

    bener juga tuh kalo nyari di serch enggine, macem google yang serba tau (katanya) kita nggak pernah dapet umpan balik, atas masalah yang kita hadapin. satu arah doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaaa aamiin pik :D
      giliran gue yg ikutan lomba nih XD

      nah iya pinter lo pik, setuju sama kata satu arah :D

      Delete
  25. Manfaat banget ges infonya buat yg kudet kaya gue hehe
    Nice posting, semoga menang yah kawan =))

    ReplyDelete
  26. baru tawu nih kalau ada forum kayak gini dari indosat wah bisa dicobak nih

    ReplyDelete
  27. Wah... inovasi baru nich dalam dunia maya...
    Dulu sempat ditanya sama dosen, manusia dan mbah goglee lebih pinter mana? Mahasiswa jawab, lebih pinter mbah google, walau usia uzur tapi tetap apa segalanya, dari yang umum sampai yang simple..

    Tapi, kata dosen lebih pinter manusia. Karena mbah google tidak bisa memproses atau mencreate suatu pengetahuan baru... ia hanya tempat TPA pengetahuan, bukan produksi baru pengetahuan... sip, inovasi baru yang asyik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, forum tercanggih di Indonesia nih. #tsaah
      nah dosen lo pinter juga. *eh

      Delete
  28. aku make im3 udah dari 2005 tapi kok gak tau forum ini yah? :D

    ReplyDelete
  29. Aku juga baru tau forum ini.. :O
    konsepnya sama kayak yang pernah aku lihat di sebuah anime :3 keren kalo emang ini ampai meluas :D

    ReplyDelete
  30. Saya pemakai indosat dan saya gak tau itu semua.
    Makasii kaka, postingannya nginfo banget. Jadi gak kudet lagi deh saya :)

    ReplyDelete
  31. gue udah sakit ati ama indosat, pelanggan mulai SMP sampai kuliah mala gak dapet bonusan, akhirnya ganti ke 3 deh .:D hehehehehe...

    ReplyDelete
  32. waaah, ikutan juga ya bang :D

    saye juga niiih ^__^ semoga sama-sama menang ya :D *tapi kudu saya yang juara I :D

    http://gores-penaku.blogspot.com/2013/10/forum-icity-transformasi-cara.html

    ReplyDelete
  33. baru tau ada forum beginian dari indosat kudet banget dah aku
    ICITY kayaknya keren
    bisa di pake buat nyari jodoh dan berbagi ilmu

    suksma kak oges infonya :))
    semoga menang ya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuhkan kamu selalu deh kudet :((( #eaaa
      tetep ye jodoh number 1 -_-

      aamiin, makasi juga udah komen ariskadet :')

      Delete
  34. aku juga baru tau kalo ada ICITY begitu, keren juga ada forum begitu, jadi mudah nemuin solusi dari masalah untuk penggunanya, keren dah ges, semoga menang ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya indosat kan emang pengertian sama penggunanya. #tsaah
      aamiin

      Delete
  35. kayaknya icity seruu, tapi gak punya no indosat ;(
    videonya keren iiiih :)
    cemungued ea qaqa semoga menang :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo pake indosat :D
      aakkk makasih udah nonton videonya ^^
      aamiin

      Delete
  36. indosat semakin keren :)
    get lucky one ya

    ReplyDelete
  37. INDOSAT Emang udah keren sejak lahir, ahay.
    gwe ska bnget tuhh sma karateristik budaya, ihiiirrrrr, jd pngen ikutan.


    thanks sobb udahh sharing, nambah ilmu 1 lagi deh..
    tambah semangat yaaa !!!

    #videonya keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, waktu lahir lo ikutan persalinannya ya? X))))
      yoi sama2. makasi :D

      Delete
    2. gakk jga sihh.Hahahaha

      Pkoknya gwe ska INDOSAT.
      TITIK

      Delete
  38. kayak pernah denger tentang ICITY deh. tapi dimana yak-___- kayak udah lama banget. Tapi nggak terlalu ngeh. Tapi gegara baca posting ini jadi tau banyak soal ICITY. Tau kalau doi udah satu tahun. Pasti masih unyu-unyunya kalau bocah hehe. Kayaknya kece gitu forumnya. Jadi pengen join~

    Pertama baca sih tak kira forum bisa nanya PR gitu *hammer* Tjie ikutan lomba euy, Semoga menang ya kak! Ganbate! Traktirannya ditunggu(?) *eh! ._.v

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah sekarang udah ngeh kan :D jaja
      iya unyunya mirip sih sama aku ~
      ayo join kakakkkk

      ini antimainstream -__-
      komen yg lain mau nyari jodoh ini malah nanya PR -__-
      aamiin :D ganbate '-')9

      Delete
  39. Wah baru tau nih sama icity, Boleh lah dicobaaa wihiww

    ReplyDelete
  40. kembali lagi.. kapann nihh pengumumannya.. ditunggu... sukses yahh kalau bangges menang jangan lupa traktirannya heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai zie
      tanggal 30 nihh
      doain yaaaa, AAMIIN YA ALLAH :')

      Delete
  41. Oh.. aku juga pake indosat ges tapi baru tau kalo ada yg kayak gitu..
    Nantik deh dicobak yaa thank you infonyaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. samasama yun :D
      makasi juga ~ yaaa yu know what I mean lah B-)

      Delete
  42. kayaknya udah pernah koment di sini nich...
    lagi ikutan lomba ya mas??
    oh,, semoga menang dan berhasil ya..!! sip-sip/

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah kalo udah pernah balesnya jangan disini
      di reply :|

      iyanih
      aamiin, makasi yaak

      Delete
    2. oh gitu ya...!! maaf nggak tahu...
      takut dikira nggak koment oleh admin.. apalagi pas ada patroli..

      Delete
  43. ICITY :p aku dulu udah gabung cuman.... dulu.. _- waktu itu sepi banget jadi males.. pas bulan november 2012 masih sepi ~~ sekrang baru nongol lagi yah.. kesana ah~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah aji ternyata tau lebih dulu X))))
      sesepuh nih

      Delete
  44. maaf bangges gak saya balas di reply
    maklum ol nya lewt hp gk bs reply...
    amiiin amiin pastinya lah saya doakan..
    jadi gak sabar juga nih nunggu
    tanggal 30... krn tanggal it bertepatan dgn ulangtahun adik bungsuku hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh pantesan aja haha
      iya gpp zhie
      makasi loh udah mau komen terus2an :')
      iya zhie deg2an juga haha

      wah semoga tanggal 30 memang jadi hari yang bahagia :')
      aamiin

      Delete
  45. asik nih
    kebetulan make indosat juga
    jadi kalo ada apa2 gak bingung lagi,
    baru tau sama ICITY :) thanks infonya

    ReplyDelete
  46. wuidiiihh,.. kereen indosat sekarang buat fitur komunitas,..
    Ada komunitas blog nya juga. Ajiib, canggih bener :D

    kayaknya bakal jadi pertimbangan buat beralih ke operator laiin haha :D

    ReplyDelete
  47. Lumayan dapet info baru dari sini Ges.
    Thank's..

    ReplyDelete
  48. bagus ya .__. iya emang kalo cuma ngandelin search engine aja ga bakal ngasih solusi tepat , forum forum kayak gini juga harus dibudidayakan (?) makasih ya oges djanuarief infonya bermanfaat sekali , pengen join jadinya =33

    ReplyDelete
  49. keren juga, tapi saya gak pakai indosat ._.

    ReplyDelete
  50. Sukses kaka. Sayang ga pake Indosat euy.

    ReplyDelete
  51. keren kaka. eh seriusan aku baru tau kalo ada yang beginian padahal udah lama pake IM3 ._.

    ReplyDelete
  52. selamat ya Bhro udah berhasil jadi juara utama ^_^
    angkat topi ane untuk artikel Ente, keren, komplit dan kreatif
    banyak ilmu yang bisa ane pelajari dari sini
    sekali selamat ya
    smoga suksesnya bisa nular ke Ane, amin amin amin

    ReplyDelete
  53. wahhhh bang oges dapet aiphonnn. beuhhh kerennn gilaaa. gue pinjem buat malam minggu ntar ya bang. buat pamer ke gebetan heheheeh......selamatttt. kerennnn abisss deh

    ReplyDelete
  54. Selamat dapat juara satu Bang Arip u,u
    Eh, Gitta ngebet ikut lomba kaya lo. Ajarin gih ilmunya bagimana. Gue ditanyain mulu -,-
    Gue kan gak pernah ikut beginian :O

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...