Sunday, August 4, 2013

Jika Lo Salah Jurusan Kuliah. . .


Pertengahan tahun gini adalah saat-saat dimana para calon mahasiswa baru sedang gencar mencari kampus. Ada yang galau pingin kuliah diluar kota tapi gak dapet izin, ada yang galau gak lolos PTN, ada juga yang galau karna gak sekampus sama pacarnya, kasian. Gak usah galauin yang gak penting, syukur-syukur masih bisa kuliah dari pada enggak. Untuk yang bisa masuk ke kampus idamannya baik itu PTN atau PTS pasti seneng donk, masa-masa bergairah untuk bergelar “mahasiswa” terasa menggebu-gebu. Padahal setumpuk tugas-tugas udah menunggu.

Tapi gak jarang dari mereka pasti bakal ada yang ngerasa salah masuk jurusan.

“Aduh, dulu seharusnya gue gak ngambil jurusan sastra neptunus nih, gue lebih cocok sama teknik upil deh kayanya”
“aahhhh jurusan ilmu LDR itu ternyata susah !! Tau gitu ngambil jurusan jomblologi deh”
“nyesel banget nyari jurusan moveon syariah, tiap hari belajar ikhlasss mulu!! gue kan capek!”




Gak sedikit yang nantinya bakal ngerasain seperti hal diatas. Apalagi kalo kalian berminat untuk melenceng dari jurusaan di SMA/SMK, HARUS LEBIH TELITI dalam memilih jurusan. Jangan asal kalian suka tapi kalian gak tau lebih dalam jurusan tersebut.
Kenapa bisa nyesel? Karna biasanya yang ngerasa salah jurusan belum tau tentang basic dari jurusan itu sendiri. Apalagi jurusan yang emang kurang populer di telinga. Itulah pentingnya mengenal jurusan apa yang kalian pilih. Jurusannya kedengerannya keren tapi kalo gak sesuai dengan passion yang kalian punya, kalian bisa apa? 

Kalo udah terlanjur ngerasa salah jurusan gimana donk ? :(
Tenang. Gak usah panik ! karna yang ngerasa salah jurusan pasti gak cuma lo doank kok.
Banyak !! Termasuk yang buat artikel ini. Iya gue !! :))

Sedikit cerita kenapa gue bisa ngerasa salah jurusan. Basic gue sendiri adalah ilmu ekonomi karna gue sendiri ngambil SMK Ekonomi tepatnya jurusan Perbankan. Sebagai orang yang udah berkecimpung di dunia ekonomi, gue sangat gak minat untuk jauh dari ekonomi itu sendiri. Waktu daftar PTN gue masukin 2 opsi, Manajemen dan Ilmu Ekonomi Pembangunan. Sebenernya ada Akuntansi juga, tapi cuma bisa 2 opsi dan gue gak masukin Akuntansi karna gak terlalu tertarik jadi akuntan.

Setelah hasil PTN keluar gue gak keterima dipilihan pertama yang menjadi sasaran utama yaitu Manajemen dan keterima di jurusan ke dua. Gue sama sekali gak kebayang Ilmu Ekonomi Pembangunan itu seperti apa. Karna gue males untuk ikutan tes lagi, belum tentu keterima juga. Yaudah gue ambil jurusan ke dua itu. Selama semester 1 dan 2 sebenernya gue masih gak terlalu terima, apalagi jurusan ini ternyata jurusan yang paling susah dan cakupannya paling luas. Tapi mulai masuk semester 3 dan 4, mata gue mulai kebuka bahwa gak ada yang patut disesali dan gue mulai nerima. Bahkan sekarang gue ngerasa justru jurusan ini yang emang cocok sama kemampuan gue.

Sebagai orang yang pernah ngerasa salah masuk jurusan, gue pingin sedikit berbagi tentang apa yang udah gue rasain selama 4 semester ini.

1. Posthink
Seperti yang udah gue ceritain di awal, lo harus ngerasa tenang dan positive thinking. Percaya bahwa GAK ADA JURUSAN YANG GAK BAGUS , YANG GAK KEREN, YANG GAK GAUL. SEMUA SAMA. Kecuali jurusan ilmu sesat, nah ini jangan coba-coba. Semua jurusan punya peluang yang sama untuk ngebuat orang jadi sukses, catet! Kalo jurusan itu gak berguna kenapa harus dibuka?

2. Fokus
Akan jauh lebih baik kalo kita fokus dengan apa yang udah kita jalanin sekarang. Mau pindah kampus? mau ngulang jadi maba dengan jurusan yang baru? Kalo kalian mau ngulang dari nol lagi, punya dana, ortu ngizinin dan mau lulusnya sedikit molor ya silakan. Gue sih gak minat :) . Kasian juga sama duit orang tua yang udah dikeluarin sejauh ini. Gue yakin bisa sukses dengan jurusan gue yang sekarang.

3. Sabar
Ada beberapa jurusan yang mungkin kurang populer dan minoritas yang sering dianggap remeh sama mereka yang ngerasa jurusannya lebih ok.
“ih jurusan ekonomi pembangunan ya?, itu apanya tukang bangunan?”… padahal gak ada hubungannya sama sekali sama ngebangun bangunan -_-
“oh fakultas pertanian, itusih gampang masuknya. Lagian gue gak minat jadi petani”.. GUE PALING KESEL KALO ADA YANG BILANG GINI TITIK!

Mereka yang ngerendahin dan ngeremehin biasanya sama sekali gak tau tentang jurusan kita. Mereka hanya ber-IMAJINASI dan tugas kita adalah sabar dan patahkan imajinasi mereka.

4. Think Again
Sukses itu bukan apa yang kita pilih tapi bagaimana kita bertindak. Kalo kita jenuh dan terus-terusan ngeluh karna salah jurusan, endingnya lo kuliah gak bakal dapet apa-apa. Dalam hal ini gak dapet ilmu yang berarti pastinya. Mau ? Think Again.

Ibaratnya lo udah punya pasangan, karna ngerasa diluar sana banyak yang lebih baik kemudian lo menjadi ragu sama pasangan yang sekarang. Apa lo pikir bisa dapet yang lebih baik ? Sayangnya lo lupa kalo diluar sana juga banyak yang lebih baik dari lo tapi pasangan lo tetep setia.
Diluar sana banyak orang “yang gak mampu kuliah” tapi lebih mampu secara kemampuan dari lo, tapi jurusan lo selalu setia menemani sampe lo make toga nanti. Lalu kenapa kita mesti ragu ?
Maka jika lo ngerasa salah jurusan. . .
jangan biarin hal itu ngebuat lo salah tujuan.

38 comments:

  1. loh ekonomi pembangunan emang beda pembelajarannya sama jurusan lo di smk?

    gue juga salah satu yg sempet mikir salah jurusan. smk jurusan desain gravis, kuliah jurusan arsitek. jauhhh!!!! pas itu entah kenapa gue mikirnya pingin nyoba sesuatu yg baru. bosen kalau mau ngambil jurusan desai gravis lagi.

    awal kuliah ngemalesin banget. tp lama2 kelamaan makin tertarik dan FOKUS. pokoknya sukses!!! hahahahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. awal2 beda yog
      menurut gue jurusan ini jurusan yang paling susah
      karna bahasannya perekonomian negara, makro dan mikro -_-
      tapi begitu smester 3 4 udah mulai biasa dan nyambung hehe

      iyasih terkadang emang ada yang nyebrang dari jurusannya
      tergantung minat, semua punya pilihan XD

      Delete
  2. Kadang2 gue juga ngerasa dulu salah milih jurusan Ges, tapi sekarang mencoba untuk mencintai jurusan yg gue pilih itu.

    Seenggaknya gue milih jurusan PBSID (pendidikan bahasa sastra indonesiadan daerah)masih ada kaitannya dengan hobi nulis. Ya kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kuliah disertai dengan hobi itu keren
      jadi ada penyemangat tersendiri hehe :D

      Delete
  3. gue paling setuju lo bilang "kalo jurusan itu gak berguna kenapa harus dibuka?"

    jangan pernah merasa salah jurusan kuliah, orang sukses gak semuanya dari jurusan dokter atau seorang akuntan. semua tergantung kemampuan yg ada pada diri sendiri. yang penting kita jalanin apa adanya.
    rejeki kedepan itu Tuhan yang ngatur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. WAINI JEMPOLAN !
      terkadang orang2 hanya ngeliat secara instan

      Delete
  4. bener banget bang, setiap jurusan itu pasti punya kelebihan dan kelemahan.. gak ada jurusan yang sempurna.. karna di dunia ini kesempurnaan hanya milik Tuhan Yang Maha ESA.. #kenapa gue malah jadi dakwah -,-

    ReplyDelete
  5. wah ini gue catet dulu neeh, bang. heheh.... manfaat dah neeh postingan.

    emang beneran ada bang jurusan moveon syariah ?? gue kok ga perenah denger, bang. di univ mana bang yg ada jurusannya kayak gitu ??
    sbenernya sih gue bukan move on biar ngelupain mantan, tapi move on biar dpet pacar. muhahahahahh.

    brrti intinya kita harus poshink ye, bang. lgian ga ada gunanya nyesel yg ada hrus memaksimalkan ap[a yang kita punya dan mencintai apa yg kita miliki sekarang. gue jga bingung sama tlisan gue ini.
    penyesalan datengnya terlambat, kalo yang datengnya duluan itu pendaftaran. bener ga, bang ??

    ReplyDelete
  6. Wah Oges keyeen..
    Bener banget tuh, kalo diniati pasti bisa sukses kok.

    ReplyDelete
  7. Kebetulan sama banget. Gue juga 'dulunya' nganggep jurusan gue itu gabisa bikin seneng-seneng. Tapi justru sampe di semester 3 ini, gue malah bahagia karena dituntut banyak jalan-jalannya (a.k.a. survey).Butuh waktu yang lama emang buat adaptasi, tapi siapa yang tau kan, dengan kita salah masuk jurusan, justru kita bakalan sukses suatu saat nanti.

    ReplyDelete
  8. Eng, nilam pernah mikir kayak gitu dulu kak ._. Duluuu banget tapi kok *nunjuk point nomor tiga* hehe peace ^^v

    yak, sama. Pernah ngerasa salah jurusan di SMA. Nilam ambil ipa tapi passionnya kayaknya lebih ke bahasa :( masalahnya di sekolah sekarang udah gak ada jurusan bahasa -_-
    awalnya beraaat banget di ipa, eksaknya itu loh, apalagi kimia, akuntansinya ips kata orang-orang mah. Mumet u,u
    tapi alhamdulillah, makin ke sini, udah mulai bisa fokus, kayak kata kak yoga. Wis iso nerimo :D hoho
    apalagi udah kurang setahun lagi nilam didepak dari sekolah :3

    ReplyDelete
  9. Waaaaah untung gue enggak salah jurusan, bagaimanapun juga tujuan gue dari awal emang guru SD..
    Walaupun masalahnya, muka gue yang keliatan salah masuk guru SD tapi ah sudahlah~

    Ada beberapa temen gue yang bela2in keluar kuliahnya padahal udah semester 4, demi daftar di pgsd..

    Sebenernya...
    Kita cuma butuh melatih 'skill kreatifitas' apapun di masa-masa jadi mahasiswa, karena 'kreatif' adalah nilai mata uang universal yang bisa diterima dimana aja... @shitlicious

    ReplyDelete
  10. aku jg ngerasa salah jurusan, dulu ga pernah kepikiran sama sekali buat masuk bahasa Inggris, tp gara2 gagal di PTN, akhirnya harus ngikut pilihan orang tua, sempet mau pindah malah, tp emang bener kata kamu kalo masih ngerasa gitu ntar ga dapet ilmu apa2, artikel yg keren :)

    ReplyDelete
  11. at least masih nyerempet dikit gitu lah Ges sama yang kamu ekuni di smk...iya bener sih, positif thinking dan mencoba jadi suka aja, kan witing tresno jalaran soko kulino.

    tapi ya bberapa tmnku yang emang udah ga bisa tahan dan pingin udahan, dia jadi transfer ke fakultas lain gitu sih

    ReplyDelete
  12. Satra Neptunus? Teknik upil? Ngakak lah bacanya...

    Tapi jurusanmu waktu SMK sama kuliah kan nggak beda-beda jauh. Yah, sama-sama ekonomi lah ya. Aku waktu SMA jurusan IPA. Pas lulus, sama ortu suruh masuk Sastra Inggris, soalnya ayahku guru bahasa Inggris. Terus tiba-tiba keterima akuntansi di tempat lain, eh, sama ortu suruh pindah. Ya sudah lah... Padahal pengen banget kuliah desain grafis. (Malah nggak nyambung sama jurusan SMA-nya ya? Hahaha.)

    Ya bener kamu sih, mesti fokus dan menerima dengan sabar. Dan bersyukur aja bisa kuliah, nggak semua orang bisa ngelanjutin sekolah sampe tinggi. Semua itu kalo ditekuni hasilnya pasti baik kok... :)

    ReplyDelete
  13. gue SMA jurusan IPA, kuliah ambil pendidikan ekonomi yang kalo lulus jd guru ekonomi. Gue bukan salah jurusan, tapi tersesat xD

    ReplyDelete
  14. kuliah jurusan apa aja .. cuma buat lampiran ijazah kok..s1
    karena banyak sekarang yg kerjaan gk sesuai dengan jurusan..
    apa lagi ekonomi jurusan paling absurd kayak gue dulu
    sempet ambil kuliah lagi selain manajemen dulu ambil graphic design akhirnya :)

    ReplyDelete
  15. wkwkk jurusan jomblo syariah itu fakultas apa kak?:D *ngakak*

    ReplyDelete
  16. Waaahh,, iyaa ini sering terjadi, dan SEDANG TERJADI, hahaha

    ReplyDelete
  17. Ehhm tentang ini toh :D
    Iya Bang thanks ya postingannya, gue selalu berusaha positif thinking. Bismillah :)

    ReplyDelete
  18. Ehhm tentang ini toh :D
    Iya Bang thanks ya postingannya, gue selalu berusaha positif thinking. Bismillah :)

    ReplyDelete
  19. sowry bangges baru sempat Bw.. aku juga awalnya ngerasa salah jurusan malah sempat daftar ulang lagi di tahun berikutnya meski dalam keadaan bimbang gtu dah hasilnya alhamdulillah aku gak lulus di jurusabln yg sempat jdi obsesiku.. akhirnya makin kesini aku ngerasa bersyukur banget.. ngerasa jurusan yg sedang aku jalani ini adalah takdir .. Tuhan telah memilihkan yang terbaik untukku.
    *eh kok malah curcol hehe

    ReplyDelete
  20. kan sma itu ada penjurusan nah kalo salah penjurusan disitu bijimane? T_T

    ReplyDelete
  21. Kalau saya bingung, nanti kuliah ngambil jurusan apa ?
    Kalau hobi saya blogging sama belajar SEO..
    Apa ada jurusan yang mendekati ke hobi saya ?

    ReplyDelete
  22. Udah 3 SMA nih, lagi galau galaunya mikirin jurusan dan PTN T^T *daripada galauin mantan, enakan galauin yang ini*

    Wah thanks 4 tips nya :)) Berharap nantinya ga salah jurusan.

    ReplyDelete
  23. Lahh, aku lulusan SMK jurusan Teknik Instrumentasi Industri (kontrol mekanik) masuk kuliah malah jurusan akuntansi :D ..

    disamping karena ingin sesuatu hal yg baru, kitapun harus jeli melihat peluang :D betull betull tidakk?

    ReplyDelete
  24. Gue kuliah jurusan ilmu perpustakaan dan informasi. Tadinya ga ngerti ini belajar buat ngestampelin buku pake jadi sarjana segala. Begitu kesini ternyata belajar cara memanajemen informasi dan teknologi pengelolaan informasi.

    ReplyDelete
  25. gue maba di salah satu PTN wilayah Jawa Tengah, dan sekarang gue di terima di jurusan Ilmu Administrasi Negara. udah jalan beberapa minggu kuliah, tapi gairah kuliah kayaknya udah mulai hilang -__-. gue gak ngerti, apa karena gue salah jurusan atau apa -_- karena jurusan ini adalah jurusan pilihan ke-3 gue di SBMPTN ._. loh kok malah curcol. ppffttt.

    ReplyDelete
  26. hehehe ini sedang terjadi dalam kehidupan saya. Saya dari dulu suka sastra dan suka corat coret gambar. Saya basicnya dari SMA jurusan IPA, pas saya mau ambil sastra saya takut nggak ketrima karena sastra Inggris itu miliknya anak IPS. akhirnya saya semangat 45 masuk jurusan Despro di ITS. Alhamdulillah(?) ketrima. Dua minggu pertama, bahkan sebelum kuliah mulai saya udah stress karena maba padha disuruh cosplay ini itu dan saya nggak ada basic apa2 soal cosplay, anime dan laen2 itu. Ini malah bertambah parah saat saya mulai kuliah, saat semua orang baca komik, saya sibuk baca novel bahasa inggris. Belom lagi teman2 laen yang dari jalur UM Desain ITS gambarnya padha jago semua. Saya jadi minder setengah mati dan mempertimbangkan untuk ikut SBMPTN lagi tahun depan karena sebulan lebih kuliah rasanya beraaat banget. Bahkan saya coba lagi tes kepribadian di internet dan bolak - balik saya dianjurkan jadi sastrawan/penulis/interpreter dan semacam itu. Sekarang saya sedang mencoba ikhlas sih, tapi sumpah, rasanya berat banget. mmungkin masnya punya tips2 jitu lain biar cepet move on? apa saya emang harus coba sastra Inggris tahun depan?

    ReplyDelete
  27. nama saya tiwi
    saya adalah maba jurusan bahasa dan sastra asing prodi sastra perancis di salah satu universitas di jawa tengah
    saya mau share nih
    saya ngerasa saya itu terdampar di jurusan ini
    2 tahun saya belajar IPA, tes tulis IPS, dan masuk jurusan sastra zZ
    sejujurnya saya itu ga ngerti apa itu sastra apalagi perancis.
    dan menurut saya passion saya itu bukan di bidang bahasa dan sastra. menurut saya saya memiliki passion di ipa
    saya gamau salah langkah.
    apakah saya harus pindah fakultas ?
    saya sih tidak masalah kalau harus mulai lagi dari nol. karna ini demi masa depan saya sendiri.
    dan selagi saya masih semester 1.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo tiwi
      makasih udah share pengalaman ;)
      nah sekarang balik lagi, apa penyebab tiwi "memilih" kuliah di sastra prancis?
      pasti ada alasannya kan?
      buat alasan itu jadi penyemangat.
      semua maba pasti memang akan berawal dari ketidaktahuan
      tapi ketertarikan itu bisa dateng pelan-pelan kok,
      apalagi tiwi masih semester awal kan

      kalo tiwi kuliah disana karna paksaan orang tua
      menurut gue rasa terdampar itu wajar dateng
      tapi kalo karna pilihan tiwi sendiri
      ya harus bertanggung jawab dgn pilihannya :D

      tapi kalo emang udah merasa terpojokkan "banget"
      selagi tiwi memang mau mulai dari 0 gak masalah
      udah gue sampein kan diatas ;)
      itu balik lagi ke orangnya masing2, itupun kalo ortu ngizinin

      kita bisa menentukan sesuatu yang menurut kita baik
      tapi inget, apa yang menurut kita baik belum tentu itu yang terbaik ;)

      Delete
  28. makasi postingnya kaka :) sangat membantu

    ReplyDelete
  29. Ini nih yang gua alemin,
    gua mahasiswa poltekes jurusan gizi baru semt 1, gua baru jalanin kehidupan kuliah kurang 2 bulan tapi gua ngerasa males n gaknsreg lagi kuliah disitu AND akhirnya gua putusin buat berenti. Gua pikir kalo gua lanjutin gua bakal tambah males malesan n tambah buang duit ortu aja, lagian gua juga gak suka pelajarannya. Dan akhirnya sekarang gua gatau mo ngapain lagi

    ReplyDelete
  30. sekarang saya lagi ngrasa salah jurusan nih, tapi tetep positive thinking dan semangat saja..

    ReplyDelete
  31. gue juga ngerasa gitu bang :( salah jurusan *shit
    di dunia politik lg yg gak sesuai dengan kepribadian, watak dan karakteristik gue huahuahua :(
    kudu gmna bang?? gue pengen nyoba lagii taun depan

    ReplyDelete
  32. bang saya salah jurusan karena emang juga suruhan orang tua. Saya sekolah di jurusan sosial , pdhal basic saya sastra sama gambar yang emang pekerjaan ga perlu terjun ke masyarakat atau bsa dibilang di belakang panggung. Saya kadang malu, saya ngaku2 jurusan sosial tapi sya sndri agak susah terjun ke masyarakat, malu sama masyarakatnya juga. Anak sosial tapi kok susah sosial . apa mungkin sya mesti coba lagi sesuai minat? saya jadi keinget film 3 idiot bang.

    ReplyDelete
  33. Postingannya bagus, saya lg ngerasain bgt salah jurusan. Stlah baca postingan ini cukup ngebantu untuk nimbang2 baik buruk sebab akibat kalo ganti jurusan ;)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...