Saturday, May 24, 2014

Hal yang Bikin Risih di Social Media



Untuk mengawali postingan hari ini, coba deh kalian itung berapa socmed yang udah kalian punya? berapa aplikasi chat yang kalian instal? dan berapa mantan yang udah berhasil move on? Udah gak heran kalo jaman sekarang ini menjamur socmed dan aplikasi chat yang berpengaruh kepada semakin cepatnya mantan menemukan tambatan hati yang baru. Bahasan yang menarik, tapi bukan untuk judul skripsi.

Jaman sekarang ini social media udah lebih diarahkan untuk kebutuhan pengakuan bergaya hidup mewah atau kalo untuk cewek-cewek jaman sekarang biasa kita denger dengan istilah sosialita. Mencoba gaya hidup mewah meskipun hanya check-in di warteg sebelah. Munculnya socmed saat ini memang lebih memenuhi kebutuhan mereka yang haus akan pengakuan atau kasarnya bisa dibilang (sorry to say) PAMER. Yaa emang begitu adanya, secara tiba-tiba setiap orang merasa wajib terlibat disetiap socmed yang ada.

Atmosfir socmed saat ini udah beda sama jaman dulu. Jaman-jaman main friendster, main facebook bahkan semenjak gue main twitter juga belum se’WAH’ sekarang ini. Jaman dulu kalo ada yang posting foto belum ada kesan “pamer”, yang diposting paling juga foto-foto lagi monyongin bibir apanya yang mau dipamerin. Sekarang kalo selfie juga udah lebih elegan, bisa ditempat nongkrong keren, didalem mobil, pake outfit keren, dan lain-lain. Pokoknya ada aja sisi yang dipamerin. Kalo kalian ngerasain gak sih apa yang gue maksud diatas? Hehee. . .


Munculnya banyak socmed dan aplikasi chat adalah salah satu alasan mengapa intensitas kita megang HP sekarang ini jadi jauh lebih lama atau lebih sering. Gak seperti jaman HP cuma bisa SMS sama telpon doang. Ya gak munapik sih hal ini juga gue rasain. Jadi emang gak salah kalo sekarang ini ngumpul sama temen lebih sibuk sama HP masing-masing. Smartphone udah benar-benar menakhlukkan dan menggeser ilmu sosiologi menjadi sosialita. Ada yang pernah chatingan, mentionan atau komen-komenan padahal lagi sebelahan atau seruangan? Nah ini adalah salah satu buktinya.

Socmed pastinya memberikan kita kebebasan mengekspresikan diri. Kalo untuk gue pribadi sih ya TERSERAH mereka mau gunain socmednya untuk apa. Tapi perlu diinget juga sih hidup kita gak cuma dihabisin untuk main HP, apalagi kalo sampe lupa sembahyang karena keasikan main sama HP. Kasian, Tuhannya lupa disapa tapi HPnya dipeluk mesra. Lebih terkutuk daripada kelupaan buat tugas dosen killer.

Meskipun kadang gue gak peduli sama kelakuan orang-orang di socmed, tapi ada beberapa hal kecil yang bikin gue RISIH. Emang sih mereka gak ganggu secara langsung, gak ngaruh sama kelangsungan nafas gue. Tapi risihnya itu terkadang bikin orang bersangkutan keliatan NORAK. Ups, sorry ya kalo kalian termasuk didalamnya. Hal apa aja itu ? Mari kita simak !

1. Facebook
Mungkin socmed yang ini udah mulai jarang yang aktif, tapi sebagai blogger terlebih sebagai admin salah satu komunitas blogger di FB, mau gak mau gue tetep harus rutin buka FB. Hal yang buat risih ketika gue buka FB adalah masih banyaknya orang-orang alay disini. Dari cara ngetik statusnya, namanya atau statusnya yang terlalu “drama”.

2. Twitter
Gue salah satu orang yang tahan akan spam di twitter. Mau dia ngetweet sebanyak apa, mau itu penting atau enggak, gue gak pernah peduli. Karna sebenernya twitter emang dibuat untuk ngomongin semua omong kosong dan hal-hal gak penting. Tapi baru-baru ini gue juga merasakan kerisihan yang dirasakan juga oleh banyak teman-teman. Yak kalian pasti udah tau, rasanya risih banget kalo ada yang share ask.fm ke twitter. Udah itu aja.

3. Instagram
Menurut gue instagram adalah salah satu socmed yang paling kreatif. Instagram muncul disaat yang tepat, dimana hobi berfoto dengan HP mulai jadi kebiasaan penting. Apalagi fitur kamera sekarang ini juga jadi salah satu perhatian utama dalam perkembangan smartphone. Jadi disini bener-bener kita bisa fokus sama semua foto yang dishare di timeline.

Tapi risih juga sih kalo yang dishare itu foto ditempat yang sama cuma beda gaya atau foto selfie banyak-banyak yang diupload satu persatu dalam waktu yang sama. Solusinya, kalian bisa kok foto selfienya itu dijadiin 1 frame. Toh cuma beda ekspresi aja kan? -_- atau kalo foto ditempat yang sama tapi keliatan jelek dijadiin 1 frame, bisa kalian akalin dengan upload tapi kasih jarak waktu. Bisa besoknya, 2 hari lagi, seminggu lagi, setahun lagi juga gak masalah asalkan jangan berbarengan dalam satu waktu.

4. Path
Wah kalo udah ngomongin socmed yang satu ini tingkat “WAH”-nya udah naik level nih. Kalo gue pribadi sih belum bisa ngikutin gaya hidup orang-orang di path. Terbukti udah setahun lebih tapi moment gue cuma 200’an doang. Rasanya orang-orang yang eksis di path hidupnya terkesan seru gitu yaa~ gak tau deh aslinya gimana. Hal yang bikin risih disini sih biasanya sama yang suka ngetag gak penting trus disambut dengan komen-komenan panjang super duper gak penting yang bikin notif gak berhenti. Sebenernya path isinya gak penting semua sih, gak kaya twitter yang masih bisa ngasih banyak info penting dan berguna.


Kalo dari aplikasi chat selain karna chatnya lama dibales atau bahkan cuma diread padahal lagi penting, ada juga sih yang kadang bikin risih misalnya kaya :

1. BBM
Kalo risih karna sering broadcast mungkin udah biasa ya. Kalo gue paling risih sama orang yang tiap menit ganti status gak penting, apalagi kalo statusnya drama percintaan. Aduh felissss gue gak pingin tau ngenesnya percintaan elo. Pernah nih ya temen gue sendiri, update status mau makan aja mesti diceritain runtut kejadiannya. “mau makan siang nih”, “eh kerupuknya tadi mana yaaa”, “aduh kebanyakan kuah kan”, “yaah sendoknya jatuh wkwkwk”, LANGSUNG GUE DELCON! Padahal belum sejam temenan. Tapi untungnya sekarang ada fitur “Hide all update”, jadi semua update orang itu gak bakal muncul di RU.

2. LINE
Kalo di line pasti banyak yang punya kerisihan yang sama, yaitu kalo ada yang invite game LINE! Hahahaa. . .


Masih banyak lagi sebenernya socmed dan aplikasi chat, diatas hanya beberapa diantaranya yang paling sering gue rasain. Kalo menurut pandangan kalian socmed sekarang ini kaya gimana? penting gak sih? trus ada gak hal-hal selain yang diatas yang buat kalian risih? Yuk share di comment box!

Pada akhirnya handphone boleh semakin smart, tapi user jangan semakin dungu. #okesip

17 comments:

  1. Haha, itu ngebahad sosmed masih aja mantannya dibawa-bawa, ges.

    Tapi bener juga sih, risih banget kalo ada yang ngesinkronin ask.fm ke twitter kesannya semua orang itu harus tahu semua yang dilakuin dan dirasain. Menurut gue pribadi ask.fm itu sosmed yang paling gaje dan kepo banget, kerjaannya nanya-nanya mulu, udah nanya mula, pertanyaannya gak penting banget lagi.

    Iya, bener di BBM emang gak enaknya gitu, mau ngapa-ngapain aja mesti dikasih tahu.

    Untungnya gue gak punya banyak sosmed, yang menurut gue penting aja

    ReplyDelete
  2. hahahaha semua setuju gue ges. mulai dari orang upload foto instagram yg gayanya itu itu mulu. sampe path yg sama sekali gak ada manfaatnya. ini nih orang orang yg seperti itu mesti tau dan sadar kalau mereka... apaya... ya dah itu aja

    ReplyDelete
  3. Ohh yes, tiap socmed emang ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dan tentunya ada fungsi utama masing-masing yang jangan sampe di salah gunakan. Misalnya BBM yang emang fungsi utamanya chat, tapi sekarang semacam berubah jadi socmed karena fitur update status dan itu dipake hampir selalu secara berlebihan.
    Yang penting bisa dimaksimalkan semua fitur yang ada, termasuk zip twitter, stop notification, hide update, dll. CMIIW

    ReplyDelete
  4. Gue lebih suka path . Twitter juga suka. Kalo di path jatohnya bisa sekalian share ke facebook sm ke twitter.kalo di path gue sukanya nemuin gambar2 yang kadang bikin ngakak. Cuma orang tertentu yg bisa temenan. Dan yang jelas jauh dr kata stalking.Kalo mau stalking juga gengsi soalnya bakal ketauan :D kalo twitter enaknya bisa tau banyak informasi kaya dari detik, kompas, tips2 gitu.. Masalah ke alayan yaaa gapapa ges namanya juga jaman. Gue malah suka sebel kalo ada yang update status pacarnya ganti2, terus update yang kemarennya lagi sayang2an sama pacarnya besoknya berantem trs putus wkwkwk. mau pup aja pake update, mau solat jumat aja update.

    Maklumin ajalah yaaa. Kalo gue sih gue Anggep WAJAR aja~ sambil geleng-geleng terus lama lama gue remove -,-

    masalah tuhan gue juga kadang khilaf saking lebih seringnya gue megang hp dan suka nunda2 solat. :(
    tapi alhamdulillah yaa ada aplikasi al quran di gadget jadi ya insya allah kebayarlah yaaa. Seimbang. ^^

    ReplyDelete
  5. uwaah banyak sekali media sosialnya. Aku cuma ada fb, twitter, blog. Itu aja udah ribet ngurusnya. Hahaha.

    Mikir juga sih, kalau kita kurang kerjaan di dunia nyata, jadilah pasti ngeramein dunia maya. Lewat fb, twitter, dll. Update hal-hal yang nggak penting. Sebenarnya nggak maslah sih, itu hak masing-masing orang untuk menggunakan media sosialnya. Cuma ya males aja kalo lihat kadang masalah yang sangat pribadi. Risih membacanya.

    Dan yang paling nyebelin itu, kalau pas kopdar, eh yang dibicarain adalah chatting di wa. Lah kayak aku yang nggak punya gimana? Mana pahaaam...
    Sepertinya Teknologi menjauhkan kehidupan normal kita. padahal bertatap muka, eh malah bbman. Kan aneh. -_-

    ReplyDelete
  6. Gue juga kadang kesel sama orang2 yg update trs, padahal jelas-jelas update an nya doi tuh ga penting2 banget. Emang bener sih rata2 orang2 yg sering update itu yg gaul2, yang ke tempat gaul trs, yg makanannya mahal sampe2 sebelum makan bukannya baca doa malah foto wkwk, dan yang nonton film tiap hari di bioskop.

    Gue pernah sesekali ngikutin (bego lo hend, kesel tp ngikutin juga) tapi gue jd ga nikmatin momen itu, gue jadi lebih terfokus sama apa yg gue update dan tanggapan orang2, dan itu ga enak.

    Gue juga lebih suka path, bisa dishare kemana-mana dan yg bisa ngeliat cuma temen2 kita, jadi no stalker. Meskipun ada, itu jg temen kita, dan ketauan siapa yg ngeliat profil kita gara2 ada notif nya wkwk.

    ReplyDelete
  7. iya bener banget. bahkan temenku ada yang pamer lagi makan di ph lah, lagi belanja di toko branded lah. mau negur tapi ntar dianya tersinggung trus bilang "Sirik aja. sirik tanda tak mampu" padahal kan bukan sirik, cuma terganggu aja dengan hal hal yang kayak gitu.

    sama yang sync ask.fm ke twittter itu memang ganggu banget sih.

    ReplyDelete
  8. Iya. Jaman sekarang banyak sosmed bertebaran. Dulu niatnya ada sosmed-sosmed baru itu hanya untuk menawarkan yang berbeda gitu, melawan yang alay, yang galau. Tapi jatoh-jatohnya ya kembali ke penggunanya masing-masing.

    Terus aku juga sempet risih banget sama facebook yang pake nama unreadable! Tapi dulu, sekarang udah diseleksi siapa aja yang jadi temen. Gitu, jadi orang yang enggak kenal ya udah enggak temenan. Daripada ngeganggu.

    Terus di twitter, ada yang bilang kesalahan terbesar dalam hidup adalah menggabungkan antara ask.fm dan twitter. Iya banget tuh, kampert bener. Spamming abis, mending ngetwit kesehariannya daripada ask.fm. Kepo, kadang meskipun kenal gitu bawaannya pengen unfoll aja.

    Terus bbm, yaa bbm... kontakku cuma yang kenal-kenal aja, jadi enggak ada gangguan kecuali pending dan cuma diread.

    Kalo path, aku gak make sih, tapi katanya cm bisa temenan sama 150 orang doang, yang artinya orang2 yang deket dan terpercaya aja yang jadi temen. Kan asik kita bisa nulis momen secara bebas. Tapi sekarang sering gitu yang abis update momen di path, terus dishare di twitter. Kan sama aja.. ujung2nya twitter juga..

    Dan yah, itu aja kayaknya.

    ReplyDelete
  9. jaman sekarang itu orang kayaknya ga bisa di bilang 'gaul' kalo belum punya social media, yaa minimal facebook atau twitter lah. tapi justru dengan social media itu mereka jadi lebih mentingin HP daripada hal-hal lainnya yang lebih penting. dulu kalo gue nongkrong sam temen-temen kan asik bisa ngobrol sama bercanda, tapi sekarang semenjak mereka ganti smartphone, tiap ngumpul dan nongkrong bareng pasti kerjaannya cuman nunduk ngelihatin HP doang. gue bingung sebenernya apasih yang mereka lakuin dengan HP nya sampek segitunya.

    selain itu kalo udah punya socmed ga lengkap kalo ga setiap saat gak update. sama kayak lo bang, gue kadang-kadang risih sama pengguna ask fm yang nyambungin ke twitter . entah apa gunanya gue ga ngerti, yang jelas itu spam banget di timeline gue. kalo ga gitu yaa nyambung-nyambungin path sama twitter. setel lagu dikit, update di path, trus disambungin ke twitter. aah mati aja deh.

    kalo aplikasi chat seperti BBM itu gue palin males sama orang yang tiap waktu broadcast gak penting Bang. udah ga penting menuh-menuhin notif lagi. terkadang kalo dia temen gue sendiri, gue gak enak buat delcon. tapi jujur yaa mengganggu banget sih.

    entah mereka yang bikin risih kayak gitu itu mungkin saking kepengennya ngeksis di socmed mungkin. tapi yaa sebaiknya di pikir dulu, kan kasian juga yang lain terganggu dengan spam dia. lagian juga socmed kan bukan milik dia sendiri. saran gue sih kepada pengguna socmed jangan terlalu berlebihan dan pamer, udah gitu aja.

    ReplyDelete
  10. Haddeh, iya nih di atas berbagai socmed ada banyak banget.
    tapi menurut gue sih, mending punya fb dan twitter itu udah cukup banget, bagi gue karena nggak bingung ngurus ini ngurus itu.

    Path itu apa lagi yah bang gue bener - bener kaga ngerti nih karena brlum pernah denger kata itu, denger aja belum apalagi liat tampilannya, kalo gue sih paling mentok ngerti itu BBM, nah itu aja paling jauh maklum lah, gue orang gaptek. hehehehe.

    Dan bener banget kata abang nya, kalo di socmed tu banyak banget orang yang alay, banget dan gaje tentunya. jadi risih memang bang. hmmm

    ReplyDelete
  11. Apalagi yang punya gatget keren,, pastinya selalu eksis di sosial media,,,, namun bagi aku si tidak begitu mengikuti perkembangan sosmed.... sosmed itu adalah media untuk berkomunikasi dan mencari teman saja paling yang sering mah di facebook dan tentunya blogger karna aku suka nge blog :)

    ReplyDelete
  12. Gue punya semua akun social media di atas ._. Facebook mungkin dulu gue pake buat 'ngalay' sekarang karena udah tobat, facebook gue pake jadi tempat ganti foto profil dan promosi artikel di blog. Gue juga udah jarang aktif di Twitter, karena, sekalinya gue twitteran gue bisa lupa sama blogger gue. Akhirnya, gue cuma aktif di Path dan BBM untuk sarana ngasih kabar aja ke teman soal tugas ._. Jangan tanya gue nggak ngasih kabar ke pacar, karena gue jomblo ._.

    ReplyDelete
  13. Menurut gue sosial medianya gak salah, tp penggunanya yg merusak dan bikin sosmed itu kesannya jd kurang ekslusif... yg paling 'wah' dan terkesan pamer menurut gue adalah Path, karena disana emg d design buat pamer tempat2 gaul, foto2 di depan mobil/kendaraan lain, tidur n bangunnya dimana, dll... itu smua menurut gue gak penting banget, karena bikin org berlomba2 buat pergi ke suatu tempat biar dibilang gaul....tapi gaulnya cuma di medsos, di dunia nyata gak sama sekali. Kalo menurut gue sih, medsos yg masih berkelas skrg ini cuma twitter, mungkin karena karakternya trbatas cuma 140, jd manusi2 alay merasa kurang biaa mengekspresikan kelayannya jd org alay d twitter masih jarang meskipun ada...

    ReplyDelete
  14. setuju banget bro... walaupun gua kayaknya termasuk yg nyepam sih.. muehehe

    ReplyDelete
  15. yang paling risih menurut aku tuuh bi BBM. chat ku penuh sama broadcast yang gak penting

    ReplyDelete
  16. socmed di atas terkadang bikin risih tapi kembali ke penggunanya aja sih

    ReplyDelete
  17. BROKER TERPERCAYA
    TRADING ONLINE INDONESIA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...