Sunday, March 30, 2014

Cara Menggabungkan Film dengan HJSplit


Sesuai dengan hobi baru gue akhir-akhir ini yaitu download film, dan kebetulan juga ada request dari temen blogger yang minta diajarin cara gabungin film pake HJSplit maka hari ini gue akan menjelaskan dengan sejelas-jelasnya versi gue sendiri. Kenapa versi gue ? karna gue mencoba menggabungkan film dan memecahkan masalah-masalah yang timbul dengan inisiatif gue sendiri. Gue udah nyoba baca tutorialnya ditempat lain tapi hasilnya NIHIL, filmnya malah gak mau kegabung. Sebagai seorang pemula dalam dunia perdownload’an film malah bikin gue tambah mumettt.

Film yang kita download biasanya terbagi menjadi beberapa part, alasan utamanya ya karena biasanya size film itu kan gede dan seorang uploader film jarang ada yang mau upload dengan single link, jadi pasti bakal dibagi menjadi beberapa part. Hasil downloadnya biasanya bentuknya seperti ini.


Nah file film seperti gambar diatas itu masih mentah (?), belum bisa ditonton. Ibaratnya kaya kita beli daging ayam di pasar, biar bisa dimakan ya dimasak dulu dong~
Langsung masuk ke materi yuk…


1. Download HJSplit.
Mau masak tapi gak punya kompor, ya sama aja boong. Download dulu kompornya di gugel gih *eh*. Download HJSplitnya di gugel maksudnya.

2. Rename semua file dengan nama yang sama
Nah ininih yang jarang dijelasin. Supaya semua file kita bisa dibaca oleh si kompor HJSplit, syaratnya file kita harus punya nama yang sama. Kalo namanya gak sama berarti mereka masih beda bapak, beda ibu dan mungkin beda kecamatan. Tapi sebelumnya biar filenya lebih gampang dicari, buat sebuah folder dengan nama film bersangkutan dan pindahin file 001 002 003 dan seterusnya (kalo ada) ke dalam folder tersebut. Selanjutnya klik kanan pada file 001 lalu rename dan copy, kemudian rename dan paste di file 002, 003, 004 dan part seterusnya (kalo ada). Tapi bagian ujung tulisan 002, 003, 004 dst .. JANGAN DIGANTI yak.
Dari gini :


Jadi gini :


Udah ketemu bedanya ? Kalo belum ketemu mungkin kamu perlu minjem petanya Dora.
Semua file namanya udah sama seperti file 001.

3. Join file film di HJSplit
Balik lagi ke kompor, setelah berhasil terdownload dan setelah kita run tampilan kompornya kurang lebih seperti ini :


Pilih JOIN >> INPUT FILE
Nah nanti file yang kebaca saat input file emang cuma yang 001 aja, gak perlu khawatir dan gak perlu sampe bakar jenggot, kalo gak punya jenggot jangan sampe bakar emosi :) woles bro sis~ cek ig kita yuk :3


Setelah itu select file 001 >> open >> START
Tunggu sampe prosesnya selesai, jangan kemana-mana tapi kalo ditinggal pipis bentar gak papa kok. Setelah muncul tulisan “Joining Completed”, JANGAN LUPA KLIK OK. Inget ya klik “OK” bukan “WOKEH”.

4. Ubah file menjadi .mkv
Setelah joinnya tadi sukses, kalian gak perlu ragu. Ini bukan joinan MLM kok.
Nanti di folder film kalian bakal ada sebuah file yang gak berisi keterangan 001 002 003 dst  hasil dari join tadi kaya gini :


Nah untuk bisa ditonton, kita harus ubah filenya menjadi mkv, avi dll. Kalo gue biasanya ngubah ke mkv aja. Caranya Klik kanan filenya >> rename >> tambahin .mkv diujungnya. Inget yaa sebelum mkv WAJIB ISI TANDA TITIK.
Dari gini :


Jadi gini :


DAN TADAAAAAAAAAAAAAA !!!!!!
FILM KALIAN SUDAH BISA DITONTON ^^

Biar foldernya gak berat, file yang isi 001 002 003 dst… tadi dihapus aja.
Kalau ada yang mau ditanyain boleh ditanya di kotak komentar atau mention di twitter.

Semoga bermanfaat dan selamat menonton :D

3 comments:

  1. Nanti dicoba, ya. Moga sukses unduh film. Terpaksa 3gp yang kayak video bajakan kualitasnya, kemarin-kemarin. Tapi bikin sakit mata, oy. Makasih, ya. :)

    ReplyDelete
  2. Udah sering download film sih
    Jadi udah jelas tau tentang ini
    haha tapi nice share :3

    ReplyDelete
  3. tips yang bermanfaat,terimakasih sudah share :) sukses ya

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...