Tuesday, January 28, 2014

Apa Salahku Merindukanmu


source
Masa SMA belum lengkap rasanya kalo lo belum ngerasain yang namanya MOS (Masa Orientasi Siswa). Masa dimana lo bakal ngerasain absurdnya dunia pendidikan. Pake atribut-atribut aneh, topi capil, tas karung, mungkin tahun selanjutnya gue saranin pake kancut baja biar siswanya aman dari serangan senior. Hari pengumpulan adalah hari dimana persiapan MOS akan diumumkan. Gue mulai nemuin tampang-tampang yang bakal jadi kelompok gue nantinya. Sayangnya gue susah ngebedain cowok-cowoknya. Masalahnya semua gak pake belahan rambut. Iya botak, gimana ngebelahnya. Termasuk juga gue, ppfft. Untungnya masih ada tampang yang lebih kriminal dari tampang gue, syukurlah.

Waktu pemilihan warna grup, gue udah komat kamit berharap bisa dapet kelompok warna hijau sebagai warna favorit gue. Minimal kalo gue make atribut warna ijo-ijo mood gue bisa selalu bagus. Ketua kelompok gue boleh tampangnya paling sangar diantara ketua yang lain, tapi faktor keberuntungannya apes banget.

“Selamat, warna keberuntungan kelompok kalian adalah warna PINK !!!!”,
Errrrrrrrr. Seketika anggota lain pengen ninggalin tuh tampang preman sendirian di kelompok PINK. Wibawa gue bisa-bisa luntur gara-gara aura viva la pinkers. Gue udah gak kepikiran lagi untuk bisa tampil macho.

Hari yang udah gue siapin lebih mateng dari jerawat yang mau pecah pun tiba. Hari dimana para ondel-ondel dadakan siap di eksekusi. Gue cuma bisa pasang tampang pas bergairah alias pasrah. Gue gak bisa bedain mana senior cantik mana senior antik. Iya gimana mau bedain kita mulainya aja subuh-subuh, masih terlalu gelap untuk nunjukin aura kegantengan gue. Ternyata bangun lebih pagi dari pada ayam jantan gak ngejamin kita bisa lebih jantan. Buktinya gue gak berani ngelawan senior yang koar-koar kesetanan. Ini lebih ngeri daripada uji nyali di lawang sewu.


Setelah di eksekusi tragis semua siswa masuk ke aula untuk sosialisasi tentang sekolah. Nah kebetulan satu kelas disuruh buat dua barisan, satu barisan cowok dan satu barisan untuk cewek. Ya namanya juga sosialisasi gak jauh dari yang namanya ngantuk, bosen, haus, dan laper. Dari pada gue nyemilin sapu lidi karna bosen, gue gak mau donk nyia-nyiain kesempatan. Kebetulan dari tadi gue udah ngelirik cewek yang duduk disebelah gue. Waktu gue udah siap mau kenalan mendadak suasana jadi panas sampe keringet gue ngucur, ketek gue terlanjur basah, dan ganteng gue luntur. Bukan efek grogi sih tapi emang di aula gak ada AC nya, kamprettt. !

Dengan tampang sok manis, beneran imut, dan lagi gak ganteng gue tanya siapa namanya. Dan dengan lembut sambil senyum dia jawab, “panggil aja Novi…”. Alhamdulillaaaaahh dia cewek dan gue lega. Takut aja sih pas gue tanyain namanya tiba-tiba dia jawab, “panggil aja Supri…”. Grrrrrrrrrr, bisa lain ceritanya.

Setiap sosialisasi di aula, Novi selalu duduk disebelah gue. Terkadang gue juga sih yang sengaja nyariin dia. Namanya juga jomblo, usaha dikit boleh lah. Kebanyakan gue yang cerewet nanyain dia duluan. Untungnya gue gak ditabok sama ember karna kebanyakan nanya. Abis dia agak pemalu gitu. Gak masalah sih pemalu asal bukan pemalak aja. Gak lucu donk gue mau nanya-nanya trus dengan sengak idungnya mekar sambil bilang, “WANI PIRO ? . . .”

Semakin hari Novi semakin nempel sama gue. Kalo ada penugasan MOS yang dia gak ngerti dia udah berani nanya ke gue duluan, sms gue duluan. Sayangnya setiap dia nanya, endingnya malah dia yang balik ngajarin dan ngasi tau gue. Gue ngerasa gagal sebagai lelaki anggota tim PINK dalam masalah ini. Bayangin aja, misalnya nih kita disuruh bawa “Minuman Wilayah ku”, bingung kan. Kalo misalnya gue tinggal di samping jasa sedot WC, apa iya gue bawa-bawa air jamban ke sekolah ? Dan ternyata minuman wilayah ku itu adalah “MIZONE” !!! Oke mungkin gue perlu muter otak 360 derajat. MOS emang absurd.

Semasa MOS, Novi selalu perhatian ke gue. Nanya gue udah sampe dirumah belom, padahal gue masih dijalan sambil nahan haus. Udah siapin penugasan MOS belom, dia selalu ngingetin. MOS hari selanjutnya gue telat padahal gue ngerasa berangkat tepat waktu. Gue ngerasa jam panitia perlu batrai baru. Belum se-meter masuk pagar sekolah, gue dan yang telat lainnya udah diteriakin sama panitia-panitia. Sekaligus moment pertama gue serasa lagi maling jemuran.
"CEPET DEEKKK !! . . ."
"CEPEETTT!!!!!" "LELET KALIAN!!"
"MATIKAN MOTOR KALIAN !! TUNTUN HINGGA PARKIRAN !! CEPEET!!!"

Berkali-kali kalimat itu doank yang mereka teriakin. Rasanya pengen gue bales,
 "CUKUP TERIAK SEKALI GUE JUGA DENGER NYETTT !!!". Tapi gue kalah nyali
Bergegas gue markir motor lalu masuk dalam barisan. Pas banget ada Novi disebelah, dia cuma senyum dan gue pun deg-degan. Iya deg-degan karna abis lari dari parkiran ke barisan. Ngosshh ngosshhh ngooosshhh ... sambil ngertiin isyarat Novi yang nyuruh gue sabar. Gue pun bales senyum.

Matahari mulai menampakkan diri, saat dimana teriakan-teriakan setan ikut memudar. Saat-saat sarapan diusik dengan sebuah pengumuman dadakan.
"TES TES 1 2 3 TES"
"Silakan nikmati sarapan kalian dengan tertib, dan bagi siswa/siswi yang merasa kunci motor kalian ada ditangan saya, silakan kalian maju ke depan"
*sambil nunjukin kunci-kunci motor yang ketinggalan dimotor*
GLEKKKKKKK !!

Roti yang gue makan serasa nyangkut ditenggorokan gak bisa ketelen. DISITU ADA KUNCI MOTOR GUE NYEETTTT!!! Grrrrrrrr..
Novi tau banget itu kunci gue karna gantungannya yang warna ijo. Tapi gue bisa lega karna gue bawa kunci cadangan HAHAHAAAA ..!
"Yaudah sana maju, dari pada nyari masalah", nyeletuk Novi tiba-tiba
"Enggak usah deh, bawa kunci cadangan kok hehe", jawab gue santai
"Oh, takut? cowok kan? . . ."
DOUBLE JLEB!!!!!!
Kejantanan gue diragukan, gue gak bisa diem gitu aja. Seketika gue natap kunci gue dan ngeberaniin diri maju ke depan. Gue seperti ikan asin yang lagi nyerahin diri ke kucing yang lagi tidur.
"Bagi kalian yang sedang menikmati sarapan, silakan menikmati hiburan tambahan karna teman kalian akan berjoget pagi ini"
PANTAT PANCI !!!!!! Gue ngerasa gak ganteng total pagi itu. Untung gue pinter ngerayu panitia, gue tawar deh tuh gimana kalo gue nyanyi aja. Gue lebih PD nyanyi dari pada joget, untungnya mereka ngizinin. Disaat semua selesai joget, giliran gue sekarang nyanyi.

" Selama aku masih bisa bernafas ...
... Masih sanggup berjalan
Ku kan slalu memujamu.
Meski ku tak tau lagi...
... Engkau ada dimana
Dengarkan aku, ku MERINDUKAN MU"
Sepenggal dari lagu d'masive yang gue nyanyiin. Sekaligus lagu yang emang lagi populer saat itu.

"Nah gitu donk, gak boleh jadi pengecut", kata Novi waktu gue mulai masuk barisan.
"Hehe iya makasih, anggap aja lagu tadi buat lo", sambil cengengesan.

***

Dalam susunan acara MOS ada saat dimana para siswa akan melakukan bakti sosial ke luar kota. Gue udah mandi bersih buang sial berharap semua lancar. Sampe ke sekolah belum ada tanda-tanda gue bakal kena sial. Saat-saat keberangkatan semua pada heboh cari pasangan duduk, dan gue sudah jelas janjian sama Novi. Sebagai jomblo gue merasa berhasil bisa duduk bareng cewek.
"Silakan keluar dengan tertib dan masuk ke BUS FULL AC kalian dengan disiplin", panitia mengarahkan.
JEDERRR !!!

Keluar aula semua harapan pupus. Jangan bayangin bisa duduk nyaman. Bisa bernafas pake dua lobang idung aja udah syukur. KITA NAIK TRUK !! IYA, BUS FULL AC = TRUK! Pingin rasanya gue ketapelin panitia pake upil gosong. Huh!

Gue nikmatin setiap goncangan truk yang emang sensasinya beda dari naik BUS. Iya sensasi jadi sapi gelonggongan. Sepanjang perjalanan gue jagain Novi. Bahkan sampe tujuan tiba kita selalu barengan. Duduk barengan, makan barengan, jajan barengan, tapi kenapa ke toilet kita gak barengan. Pft

Sampe waktu pulang semua udah pada lemes, ngantuk, tampang-tampang kangen kasur. Diperjalanan pulang tiba-tiba Novi ngerangkul tangan gue. Trus senderin kepalanya ke bahu gue. Seketika badan gue kaku kaya cumi abis di formalin. Novi ngelakuinnya gak pake aba-aba, gue belum posisi siap. Gue takut tiba-tiba mimisan diatas truk. Dia keliatan lemes, capek, dan gue cuma bisa pasrah.

***

Selesai MOS ternyata masih ada pembagian kelas. Kelas saat MOS ternyata beda dengan kelas saat kita belajar di sekolah nantinya. Gue dan Novi harus terima kenyataan kalo kita gak sekelas. Gue sih ambil positifnya aja, kalo sekelas ntar yang ada gue gak bisa fokus belajar. Iya bener.

Jujur gue masih bingung sama hubungan ini. Gue sama Novi udah jalanin hari layaknya orang pacaran. Waktu belum akrab dengan temen-temen baru di kelasnya, gue sering nemenin dia. Ke kantin, ke perpus, bahkan sampe lupa untuk akrab sama temen-temen kelas gue sendiri.

Tapi sampe detik itu gue ngerasa sama sekali belum ada nembak dia. Seolah-olah kita tau sama-sama saling suka tapi ngebiarin semuanya berjalan gitu aja. Gue belum sempet nunjukin keahlian gue dalam hal tembak menembak. Semua ngalir seperti ingus yang masih encer. Dan sejauh itu hubungan deket gue sama Novi juga gak ada yang tau. Temen-temen hanya anggep kita temenan deket, gak lebih. Karna kita emang gak terlalu ngumbar juga.

Gak lama Novi berubah, udah jarang juga bales sms gue. Mulai banyak orang-orang yang ngomongin gak enak tentang dia. Gue coba postitive thinking kalo itu gak bener. Tapi lama-lama gue liat sendiri sifatnya mulai keluar. Novi yang dulu pendiem udah berubah jadi liar. Ibaratnya seekor kelinci udah berubah jadi seekor ular kobra, mustahil tapi ngeri. Udah mulai ganjen sama cowok-cowok juga.

Gue kangen sama dia. Gue coba pancing sms untuk nanyain kelanjutan hubungan kita.
“Nov, kok kayanya sekarang lo ngejauh dari gue. Trus hubungan ini gimana ? “
             “Loh emang kita pacaran ya?”, jawab Novi singkat
NYESSSSSSSSSSS !!!!!!!!!!!!!!!
Apa yang gue takutin kejadian juga. Gue udah gak mood bales smsnya. Balesannya itu udah cukup ngewakili semuanya. Gue patah hati ? iya. Nyesek ? banget ! Jomblo donk ? IYALAH !!
Gue coba ngehibur diri dengerin radio, bukannya malah tenang gue malah makin NYESSSS!!

“Apa SALAH KU ? . .
Kau buat begini,
Kau tarik ulur hatiku hingga . .
. . . sakit yang kurasa”

Perfect ! kenangan lagu “merindukanmu” udah terhapus lagu “apa salahku” sekaligus menutup semua lembar tentang Novi. Bahkan di sekolah jangankan untuk nyapa, noleh gue aja enggak! Iya gue sedih banget. Seketika gue dibuat meleleh hancur cuma dengan satu kalimat singkat. Kalimat yang masih gue inget sampe sekarang.

Belakangan gue denger dia punya pacar anak kelas sebelah. Dan pacarnya itu hasil ngerebut dari cewek lain. Gue bersyukur, Tuhan masih sayang sama gue. Gue yakin kok orang baik-baik bakal dapet jodoh baik-baik pula.

Cinta gak perlu nunggu waktu. Kalo lo udah ngerasa cinta, jemput cinta lo sebelum waktu ngerubah semuanya.

NOTE : NONFIKSI 

3 comments:

  1. masa-masa MOS emang paling nggak bisa di lupain, termasuk masa2 nyari gebetan haha walopun hasailnya zonk -_-

    untung tau pas di akhir2 ges, ternyata si novi itu ular.. hih seremm banget

    ReplyDelete
  2. ini cerpen apa cerita pribadi sihh ahaha
    gak cuma SMA, masuk kuliah juga ada MOS nya. Satu semester malah, baru aja tuh selesai kemaren ospekku :s

    ReplyDelete
  3. hahahah "loh emang kita pacaran yah?" ini gue juga pernah ngalamin hal kampret yang sama dengan yang lo alamin nih ges.
    quote terakhirnya keren!

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...