Sunday, September 22, 2013

My Family's Hero


Bagi kalian yang ngerasa enggak kudet, pasti kalian tau berita yang lagi HOT akhir-akhir ini. Tentang kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak 13 tahun mengendarai sebuah mobil sepulang ia mengantarkan pacarnya diatas jam 12 malam. Tragedi tersebut terjadi setelah sang bocah menabrak pembatas jalan dan menabrak mobil pengendara lain sehingga menewaskan 7 orang korban. WOW, bom bom car di tahun 2013 udah bisa dilakuin di jalan raya ternyata. Pantes aja di TV langsung nongol wacana MOBIL MURAH, ternyata ini tujuannya.

Berita ini beda tipis HOTnya waktu jaman-jaman gue umur 13 tahun dulu. Jaman gue 13 tahun dulu udah jago mengendarai sepeda ontel setelah sukses nabrak tiang listrik berkali-kali. Kejadiannya sepulang gue main layangan diatas jam 12 siang gitu deh, pas cuaca lagi HOT banget. Untung tiang listriknya gak ada yang tewas. #tipis

Prilaku setiap anak itu emang pasti beda-beda karna didikan setiap orang tua juga berbeda-beda pastinya. Coba aja pas umur 13 tahun lo dikasih mobil, apa lo bakal nolak ? Yakin mau nolak ? ~. Begitu pula dengan gue yang udah mengenali cara orang tua gue mendidik gue selama ini, terutama oleh bapak. Dipostingan kali ini gue bakal ceritain sedikit tentang perjuangan bapak gue untuk keluarga.


Jadi beliau lahir di Kediri tepat 46 tahun yang lalu, anak pertama dari 4 bersaudara dan beliau hanya lulusan SMP. Yap! gue emang bukan lahir dari keluarga yang berpendidikan tinggi. Gue bisa dibilang orang pertama dari keluarga ibu dan bapak yang bisa menikmati sesuatu bernama bangku perkuliahan. Dan gue bangga untuk mengakuinya.

Bapak adalah anak yatim, gue lupa tepatnya tahun berapa yang jelas semenjak gue belom lahir. Dengan ketrampilan yang bisa dibilang pas-pasan, bapak ingin menyambung hidup dengan merantau dan pulau Bali adalah pilihannya. Gue enggak pernah berpikir beliau ke Bali berbekal berapa duit. Bahkan gue yakin hatinya pun belum mantep untuk ngambil keputusan itu. Selama di Bali beliau hanya kerja dan belajar menjahit, itupun bukan sebagai penjahit professional.

Jaman-jaman ekonomi keluarga susah sempet gue rasain waktu gue belom sekolah. Segimana jauhnya tempat kerja bapak dan beliau hanya mengandalkan sepeda gayung kesayangan yang bisa dibilang udah gak layak, gue masih inget banget. Bahkan makan cuma pake nasi garem aja udah Alhamdulillah.

Begitu gue masuk ke SD, ekonomi keluarga udah mulai membaik. Udah bisa beli motor meskipun gak bagus dan gak baru. Dulu gue senenggg banget di ajak jalan-jalan naik motor walaupun cuma ke taman kota dan gak beli apa-apa. Yah kalian tau lah, jaman cuma punya sepeda gayung gimana mau ngeboncengin jalan-jalan. Tapi mulai gue SD sampe SMP gue paling gak suka dianter atau dijemput sama beliau ke sekolah. Bukan malu, tapi karna gue kasian. Mending beliau lanjutin kerja atau istirahat daripada nganter gue. Makanya dari SD sampe SMP, gue selalu jalan kaki. Sekolah gak jauh sih tapi lumayan keringetan juga kalo jalan kaki. Gue kadang suka marah kalo tiba-tiba bapak jemput gue sekolah, haha. Tapi berkat jalan kaki, waktu SMP gue pernah ikut pekan olahraga pelajar Bali cabang atletik loh meskipun gak menang :))) Jaman itu kaki gue kekar banget -_-

Sekitar gue kelas 3 SD, beliau mulai merintis usaha sendiri dengan buka artshop di daerah Kuta. Kerjaan juga mulai rame dan produksi sendiri, udah gak ngandelin orang lain untuk minta kerjaan. Tapi ini semua gak berlangsung lama karna adanya tragedi Bom Bali 1. Waktu itu pariwisata di Bali emang bener-bener lagi terpuruk, termasuk artshop-artshop yang sasarannya adalah para turis.

Gue inget betul usaha beliau lagi naik daun, bahkan beliau udah sempet buat beberapa pack yang isinya adalah ratusan kartu nama. Tapi sayang, belum ada dan pada akhirnya emang gak ada satupun kartu nama yang kepake. Kartu nama itu sempet disimpen, setiap kali gak sengaja ketemu beliau cuma senyum ngeliatnya. Akhirnya nasib si kartu nama hanya berakhir di tempat sampah.

Sejak SMP gue mulai ngerti kalo bapak punya tanah di Jawa. Awalnya gue ngira itu adalah tanah warisan. Saat kelas 2 SMA gue baru nyadar kalo dugaan gue selama 5 tahun itu salah besar. Waktu lagi ngobrol bertiga sama ibu, iseng-iseng gue bahas soal tanah yang ada di Jawa dan ternyata tanah itu adalah tanah yang di beli hasil kerja bapak selama di Bali (sebelum nikah) dan beliau berpesan :
“bapak yang beli tanahnya, kamu yang bangun rumahnya ya”
Gue langsung ngerasa *DEG!!*.

Gue gak nyangka bapak bisa kepikiran untuk beli tanah dan mikirin masa depan sejauh itu. Gue aja gak kepikiran dulu beliau pernah makan enak atau enggak, tidurnya nyenyak atau enggak. Beliau lebih ngeduluin beli tanah dari pada beli motor. Sumpah part ini nyesekk -___-

Semakin tahun ekonomi keluarga semakin membaik karna keahlian bapak menjahit juga semakin meningkat. Dulu beliau hanya menjahit kain, dan ternyata beliau sambil belajar jahit kulit juga. Akhirnya sampe sekarang bener-bener udah spesialis di kerajinan kulit. Karna pasar kerajinan kulit juga lebih besar. Rata-rata garmen kerajinan kulit udah berhasil ekspor.

Kata beliau jahit kulit itu gak gampang, gak semua penjahit kain bisa jahit kulit tapi semua penjahit kulit pasti bisa jahit kain. Nah sejenis senior junior gitu haha. Butuh ketrampilan dan ketelitian yang lebih untuk bisa jahit kulit. Semua kerajinan kulit pernah beliau buat dari berbagai model tas, jaket, dompet, sabuk, aksesoris manusia atau hewan, case gadget aaaah semua deh kecuali sepatu karna sepatu udah beda alatnya. Kulitnya bisa dari kulit sapi, kambing, domba, ular, biawak bahkan pernah buaya loh meskipun jarang. Dan kerjaan bapak udah sering di ekspor ke luar negeri karna bapak emang ngikut garmen yang termasuk besar.

Pasti banyak yang tanya, kenapa gak coba bangun usaha lagi terus ekspor deh daripada ngikut orang. Nah masalahnya gak segampang ngomong kaya gitu untuk ngelakuinnya. Apalagi kulit asli itu harganya gak murah, otomatis modalnya juga besar. Tapi rencana untuk buat artshop lagi udah dalam persiapan kok.

Sepulang lebaran kemaren gue sama keluarga mampir ke rumah om yang udah 5 tahun gak ketemu dan beliau ternyata tinggal di daerah Singaraja, Bali. Untuk pertama kalinya main kesana, lumayan jauh dari tempat gue di Denpasar. Disana banyak tempat wisata belum terlalu terjamah dan something to buy nya masih sedikit bahkan belum ada artshop sama sekali, padahal turisnya rame loh. Melihat peluang bisnis itu InsyaAllah gue sama bapak udah persiapan untuk buka artshop disana. Iya, bapak gak sendirian sekarang. Ada gue yang bakal bantu nanti, doain lancar yaa :D

Sekarang bapak udah bisa dibilang professional di bidangnya. Bangga banget sama beliau dari yang dulu gak punya apa-apa sekarang bisa beli motor baru, tidur dikasur empuk, minum air dingin tiap hari, gue bisa online tiap hari dan yang terhebat bisa biayain gue sampe kuliah :’) . Sejauh ini Alhamdulillah gue gak pernah ngecewain beliau dibidang pendidikan, karna gue sadar akan semua perjuangannya.

Gue cuma minta ortu sehat dan dikasih umur panjang, biar bisa ngeliat gue bangun rumah disana. Itu aja kok, aamiin aamiin Allahuma aamiin. Dan gue bangga terlahir dan dibesarkan dari anak seorang penjahit ;)




  


 HAPPY BIRTHDAY BAPAK J



6 comments:

  1. Aamiin Aamiin semoga bisnisnya Bapak lancar :'')

    Betewe, ceritanya inspiring sekali u,u

    Kamu baik-baik ya sekolahnya..
    Jangan nakal..
    Buat Bapak bangga sama kamu..
    Nah, gitu kan pinter..

    Yang terakhir..
    Selamat ulang tahun Bapaaaak..
    Semoga panjang umur dan bahagia selalu..
    Aamiin =)

    ReplyDelete
  2. Salam buat bpk lo,
    slamat ulang thun, smga pnjang umur dan shat slalu.,
    ttap brbakti pda orng tua kawan, jngan kya gue.

    ReplyDelete
  3. kok, perasaan, lo mirip artis indosiar ya bang :D #salahpokus

    ReplyDelete
  4. Aku juga sempet ngerasain masa-masa ekonomi sulit waktu masih kecil dulu. Untungnya ayahku orangnya kerja keras. Awalnya ngajar-ngajar privat, sekarang udah bisa buka bimbingan belajar sendiri.

    Ayahmu keren. Semoga dikasih umur panjang dan kesehatan. Amin...

    Btw... Akun socmed-mu kenapa menghilang semua, Ges? Hehe...

    ReplyDelete
  5. wah selamat yah, itu poto keluarga nya yah

    ReplyDelete
  6. waaah selamat ultah yaa buat Bapaknya yang asli kediri , saya juga orang kediri loo . kapan kapan sok atuh maen ke kediri :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...